EFEKTIVITAS PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH AKIBAT PEMBELAJARAN SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

INTAN NUR, ROUDLOTUL JANNAH (2021) EFEKTIVITAS PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH AKIBAT PEMBELAJARAN SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
SKRIPSI_Intan Nur R Jannah FULL BAB.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.repository.umla.ac.id/

Abstraksi

ABSTRAK Nur, Intan. 2021. Efektivitas Pemberian Reward and Punishment Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Anak Usia Sekolah Akibat Pembelajaran Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Lilis Maghfuroh, S. Kep., Ns., M. Kes. (2) Heny Ekawati, S. Kep., Ns., M. Kes. Latar Belakang : Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi belajar. Motivasi belajar anak dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti lingkungan, minat, dan dukungan orangtua. Dalam penelitian ini kondisi pandemi covid-19 menjadi salah satu hal yang menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar anak. Pembelajaran secara daring mengakibatkan motivasi belajar anak menurun karena pembelajaran yang monoton dan menjenuhkan di rumah sehingga dibutuhkan strategi yang cukup efektif dalam meningkatkan motivasi belajar anak yaitu dengan memberikan reward and punishment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian reward and punishment terhadap peningkatan motivasi belajar anak usia sekolah akibat pembelajaran secara daring di masa pandemi covid-19. Metode : One group pre test - post test design dengan teknik simple random sampling didapatkan 45 anak usia sekolah dengan menggunakan kuesioner. Hasil dan Analisis : Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test nilai p = 0.000 dan nilai Z = -6.000b. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pretest pada anak usia sekolah hampir seluruhnya (84.4%) memiliki motivasi sedang dan hasil post-test pada anak usia sekolah sebagian besar (95.6%) mengalimi motivasi belajar meningkat menjadi tinggi. Artinya yaitu terjadi peningkatan motivasi belajar pada anak usia sekolah setelah diberikan reward and punishment. Kesimpulan : Terdapat efektivitas pemberian reward and punishment terhadap peningkatan motivasi belajar anak usia sekolah akibat pembelajaran secara daring di masa pandemi covid-19. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Reward and Punishment.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Reward and Punishment
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 30 Sep 2021 09:22
Last Modified: 30 Sep 2021 09:22
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1583

Actions (login required)

View Item View Item