PENGARUH METODE SIMULASI DAN VIDEO EDUKASI BALUT BIDAI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MEMBERIKAN PERTOLONGAN PERTAMA FRAKTUR DI SMK HASYIM ASYARI KECAMATAN PUCUK KABUPATEN LAMONGAN

FARADIBA, RIFQUL IZZATI (2021) PENGARUH METODE SIMULASI DAN VIDEO EDUKASI BALUT BIDAI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MEMBERIKAN PERTOLONGAN PERTAMA FRAKTUR DI SMK HASYIM ASYARI KECAMATAN PUCUK KABUPATEN LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
FARADIBA RIFQUL IZZATI_1702012408.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.repository.umla.ac.id/

Abstraksi

ABSTRAK Izzati, Faradiba Rifqul. 2021. Pengaruh Metode Simulasi dan Video Edukasi Balut Bidai terhadap Tingkat Pengetahuan dan Keterampilan Siswa dalam Memberikan Pertolongan Pertama Fraktur di SMK Hasyim Asyari Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Nur Hidayati, S.Kep., Ns., M.Kep (2) Abdul Rokhman, S.Kep,. Ns., M.Kep. Cedera akibat kecelakaan di sekolah umumnya terjadi pada sistem muskuloskeletal, salah satunya fraktur. Orang pertama yang memberikan pertolongan adalah mereka yang berada di tempat kejadian. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode simulasi dan video edukasi balut bidai terhadap tingkat pengetahuan dan keterampilan siswa dalam memberikan pertolongan pertama fraktur di SMK Hasyim Asy‟ari Pucuk Kabupaten Lamongan. Desain penelitian menggunakan Pre eksperimental one group pre-post test pada 83 siswa, yang diambil secara cluster random sampling. Penelitian ini dilakukan di SMK Hasyim Asyari Pucuk Kabupaten Lamongan pada April 2021. Intervensi yang diberikan berupa pemutaran video edukasi secara offline tentang balut bidai 2 kali dan simulasi dalam kelompok kecil. Data penelitian diambil melalui kuesioner dan lembar observasi, kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa di SMK Hasyim Asy‟ari Pucuk Kabupaten Lamongan sebelum dan sesudah diberikan simulasi dan video edukasi tentang balut bidai (p=0,001). Simulasi dan video edukasi lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dibandingkan hanya memberikan metode video edukasi saja. Diharapkan metode simulasi dan video edukasi dapat digunakan sebagai media edukasi, baik di sekolah maupun di pelayanan kesehatan. Selain itu, peneliti merekomendasikan peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lanjutan dengan menambahkan kelompok kontrol. Kata Kunci : Simulasi, Video Edukasi, Balut Bidai, Pengetahuan, Keterampilan, Pertolongan Pertama Fraktur

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Simulasi, Video Edukasi, Balut Bidai, Pengetahuan, Keterampilan, Pertolongan Pertama Fraktur
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 29 Sep 2021 03:49
Last Modified: 29 Sep 2021 03:49
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1572

Actions (login required)

View Item View Item