AYUNINGTYAS, FEBIYANTI TRI (2025) PENGARUH PELATIHAN KADER TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KADER DALAM P4K. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas - Febiyanti Tri Ayuningtyas_2402080184R.pdf Download (111kB) |
|
|
Text
Lembar Persertujuan - Febiyanti Tri Ayuningtyas_2402080184R.pdf Download (79kB) |
|
|
Text
Lembar Pengesahan - Febiyanti Tri Ayuningtyas_2402080184R.pdf Download (115kB) |
|
|
Text
Halaman Judul - Febiyanti Tri Ayuningtyas_2402080184R.pdf Download (653kB) |
|
|
Text
BAB 1 - Febiyanti Tri Ayuningtyas_2402080184R.pdf Download (23kB) |
|
|
Text
BAB 2 - Febiyanti Tri Ayuningtyas_2402080184R.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
|
|
Text
BAB 3 - Febiyanti Tri Ayuningtyas_2402080184R.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
|
|
Text
BAB 4 - Febiyanti Tri Ayuningtyas_2402080184R.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
|
Text
BAB 5 - Febiyanti Tri Ayuningtyas_2402080184R.pdf Download (12kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka - Febiyanti Tri Ayuningtyas_2402080184R.pdf Download (14kB) |
|
|
Text
Lampiran - Febiyanti Tri Ayuningtyas_2402080184R.pdf Download (1MB) |
Abstraksi
Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan keselamatan ibu hamil melalui pendampingan yang dilakukan oleh kader kesehatan. Namun, masih terdapat kesenjangan dalam pengetahuan dan sikap kader terhadap program ini, yang berpotensi menghambat efektivitas pendampingan ibu hamil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan kader terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap mereka dalam menjalankan tugasnya di P4K. Menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan pendekatan posttest kontrol kelompok, penelitian ini melibatkan 50 kader kesehatan yang dibagi menjadi kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan lembar observasi, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik untuk menilai perubahan pengetahuan dan sikap kader setelah pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam tingkat pengetahuan dan sikap kader setelah mendapatkan pelatihan, di mana kader dalam kelompok intervensi memiliki skor lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (p < 0,05 ).Dengan demikian, pelatihan kader terbukti memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap mereka dalam Program P4K. Oleh karena itu, disarankan agar program pelatihan kader dilakukan secara berkelanjutan dan diperluas cakupannya untuk mendukung keberhasilan pendampingan ibu hamil serta menurunkan angka komplikasi kehamilan
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pelatihan Kader, Pengetahuan, Sikap, P4K, Ibu Hamil |
| Subjects: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan |
| Depositing User: | Shandy Rahma R, S.IIP |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 02:38 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 02:38 |
| URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/6229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
