Khasanah, Uswatun (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW BERBANTUAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIl BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhamadiyyah Lamongan.
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas_Uswatun Khasanah_2104010135.pdf Download (351kB) |
|
|
Text
lembar persetujuan_Uswatun Khasanh_2104010135.pdf Download (194kB) |
|
|
Text
Lembar Pengesahan_Uswatun Khasanah_2104010135.pdf Download (206kB) |
|
|
Text
Halman Judul_Uswatun Khasanah_2104010141.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB 1_Uswatun Khasanah_2104010135.pdf Download (347kB) |
|
|
Text
BAB II_Uswatun Khasanah_2104010135.pdf Restricted to Repository staff only Download (830kB) |
|
|
Text
BAB III_Uswatun Khasanah_21040135.pdf Restricted to Repository staff only Download (573kB) |
|
|
Text
BAB IV_Uswatun Khasanah_2104010135.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V_Uswatun Khasanah_2104010135.pdf Download (237kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_Uswatun Khasanh_2104010135.pdf Download (321kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN_USWATUN KHASANAH_2104010135.pdf Download (3MB) |
Abstraksi
Pendidikan dapat dikatakan pula kualifikasi akademik, dimana kualifikasi mendorong seseorang untuk memiliki suatu keahlian atau kecakapan khusus. Dunia pendidikan, kualifikasi dimengerti sebagai keahlian atau kecakapan khusus dalam bidang pendidikan, baik sebagai pengajar mata pelajaran, administrasi pendidikan dan seterusnya. Bahkan, dapat dilihat dari segi derajat lulusannya. Pelaksanaan pembelajaran merupakan suatu proses belajar atau sebagai aktivitas penyampaian informasi dari guru kepada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari perencanaan, pelasanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menerapkan Model Pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek dari penelitian ini yaitu seluruh kela V MIM 02 Laren. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu test (pretest dan posttest), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Observasi aktivitas guru pada siklus I mendapatkan 54,16% dan siklus ke II sebesar 88%. Dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan 34%. (2) Observasi aktifitas siswa pada siklus I mendapatkan rata-rata 55% dan siklus II sebesar 81%. Jadi, dari siklus I ke siklus II hasil belajar siswa meningkat 26%. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 55% dan siklus II sebesar 81%. Jadi, dari siklus I ke siklus II hasil belajar siswa meningkat 26%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi bangun ruang kels V MIM 02 Laren.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Hasil belajar siswa |
| Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
| Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
| Depositing User: | Uswatun Khasanah |
| Date Deposited: | 25 Sep 2025 01:51 |
| Last Modified: | 25 Sep 2025 01:51 |
| URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5831 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
