Pengembangan Aplikasi Math Games Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Majidah, Annida Shofiatul (2025) Pengembangan Aplikasi Math Games Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS_ANNIDA SHOFIATUL MAJIDAH_2104010141.pdf

Download (374kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN_ANNIDA SHOFIATUL MAJIDAH_2104010141.pdf

Download (375kB)
[img] Text
Lembar pengesahan_Annida Shofiatul Majidah_2104010141.pdf

Download (357kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL_ANNIDA SHOFIATUL MAJIDAH_2104010141.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I_ANNIDA SHOFIATUL MAJIDAH_2104010141.pdf

Download (650kB)
[img] Text
BAB II_ANNIDA SHOFIATUL MAJIDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III_ANNIDA SHOFIATUL MAJIDAH_2104010141.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
BAB IV_aNNIDA SHOFIATUL MAJIDAH_2104010141.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_ANNIDA SHOFIATUL MAJIDAH_2104010141.pdf

Download (424kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_ANNIDA SHOFIATUL MAJIDAH_2104010141.pdf

Download (364kB)
[img] Text
LAMPIRAN_ANNIDA SHOFIATUL MAJIDAH_2104010141.pdf

Download (8MB)

Abstraksi

Media pembelajaran pada saat ini sangatlah dibutuhkan terutama media pembelajaran digital. Media pembelajaran digital adalah alat yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menyampaikan materi pembelajaran secara interaktif dan menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Aplikasi Math Games Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model yang digunakan ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi, angket respon siswa, angket aktivitas siswa. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas I SDN Ganggangtingan . Hasil penelitian menjelaskan bahwa Pengembangan Aplikasi Math Games Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar dapat disimpulkan: (1) Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media, ahli desain dan ahli materi dikatakan sangat layak digunakan dengan perolehan nilai ahli media mendapatkan hasil persentase sebesar 92%, validasi ahli desain mendapatkan hasil sebesar 92%, dan validasi ahli materi sebesar 95% (2) Angket respon siswa mendapatkan hasil uji coba terbatas dan uji coba lapangan yang dilakukan pada siswa kelas I SD Negeri Ganggantingan mendapatkan nilai uji coba terbatas 80% dan uji coba lapangan yaitu dengan nilai 90%. (3) angket aktivitas siswa mendapatkan hasil uji coba terbatas 80% dan hasil uji coba lapangan memperoleh 90%. Dapat disimpulkan bahwa penggunan aplikasi math games edukasi sangat valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Math Games Edukasi, Matematika
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: ANIDA SHOFIATUL MAJIDAH
Date Deposited: 22 Sep 2025 06:32
Last Modified: 22 Sep 2025 06:32
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5756

Actions (login required)

View Item View Item