ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DALAM MEMBENTUK NILAI BERIMAN, BERTAQWA DAN BERAKHLAK MULIA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH 01 SUKODADI

Anggraini, Yunita Sufi (2025) ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DALAM MEMBENTUK NILAI BERIMAN, BERTAQWA DAN BERAKHLAK MULIA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH 01 SUKODADI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Lembar Orisinalitas_Yunita Sufi Anggraini_2104010114.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan_Yunita Sufi Anggraini_2104010114.pdf

Download (380kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan_Yunita Sufi Anggraini_2104010114.pdf

Download (179kB)
[img] Text
Halaman Judul_Yunita Sufi Anggraini_2104010114.pdf

Download (524kB)
[img] Text
Bab 1_Yunita Sufi Anggraini_2104010114.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Bab 2_Yunita Sufi Anggraini_2104010114.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
Bab 3_Yunita Sufi Anggraini_2104010114.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
Bab 4_Yunita Sufi Anggraini_2104010114.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
Bab 5_Yunita Sufi Anggraini_2104010114.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Yunita Sufi Anggraini_2104010114.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Lampiran_Yunita Sufi Anggraini_2104010114.pdf

Download (1MB)

Abstraksi

Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai keislaman memiliki peran penting dalam membentuk generasi yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia. MI Muhammadiyah 01 Sukodadi sebagai lembaga pendidikan Islam berkomitmen untuk menanamkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam proses pembelajaran, khususnya pada siswa kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan karakter Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dapat membentuk nilai keimanan, ketaqwaan, dan akhlak mulia pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MI Muhammadiyah 01 Sukodadi berhasil mengembangkan karakter siswa secara holistik, mencakup aspek keimanan, akhlak, intelektual, sosial, dan kepemimpinan. Siswa menunjukkan pemahaman yang baik terhadap ajaran Islam serta keaktifan dalam kegiatan keagamaan, meskipun konsistensi dalam ibadah masih menjadi tantangan. Interaksi sosial siswa dengan teman dan guru juga mencerminkan sikap positif dan kepedulian terhadap sesama. Namun, beberapa hambatan masih perlu diatasi, seperti perilaku tidak sopan dan kurangnya minat siswa dalam mengambil peran kepemimpinan. Secara keseluruhan, MI Muhammadiyah 01 Sukodadi telah menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pengembangan karakter siswa berbasis nilai-nilai keislaman dan moralitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter Al-Islam Kemuhammadiyahan, Nilai Beriman, Berakhlak Mulia
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Yunita Sufi Anggraini
Date Deposited: 01 Sep 2025 02:31
Last Modified: 01 Sep 2025 02:31
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5754

Actions (login required)

View Item View Item