Riansyah, Daffa Maulana (2025) PENERAPAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERIUS (KOKAMI) BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS V DI SDN 1 PENGUMBULANADI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
![]() |
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas_Daffa Maulana Riansyah_2104010138.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan_Daffa Maulana Riansyah_2104010138.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan_Daffa Maulana Riansyah_2104010138.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
Halaman Judul_Daffa Maulana Riansyah_2104010138.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab 1_Daffa Maulana Riansyah_2104010138..pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
Bab 2_Daffa Maulana Riansyah_2104010138..pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
![]() |
Text
Bab 3_Daffa Maulana Riansyah_2104010138..pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) |
![]() |
Text
Bab 4_Daffa Maulana Riansyah_2104010138..pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) |
![]() |
Text
Bab 5_Daffa Maulana Riansyah_2104010138..pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_Daffa Maulana Riansyah_2104010138..pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
Lampiran_Daffa Maulana Riansyah_2104010138..pdf Download (17MB) |
Abstraksi
Penerapan media Kotak Kartu Misterius (KOKAMI) berbasis digital di latar belakangi oleh kebutuhan akan media pembelajaran yang inovatif, menarik, dan sesuai dengan perkembangan teknologi digital. Permasalahan yang ditemukan di lapangan menunjukkan rendahnya keterampilan membaca siswa, terutama dalam menentukan ide pokok, menyimpulkan bacaan, serta minimnya penggunaan media digital oleh guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta peningkatan keterampilan membaca melalui penerapan media Kotak Kartu Misterius (KOKAMI) berbasis digital pada siswa kelas V di SDN 1 Pengumbulanadi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 13 siswa kelas V SDN 1 Pengumbulanadi. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes keterampilan membaca berdasarkan lima indikator yaitu: menjawab pertanyaan, menentukan ide pokok, menyebutkan contoh, menyimpulkan bacaan, dan mengidentifikasi kata sulit. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes pre test dan post test, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru pada siklus I mendapat rata-rata 50% ke siklus II sebesar 87,5% dan mengalami peningkatan sebesar 37,5%. (2) aktivitas siswa pada siklus I mendapat rata-rata 40,6% ke siklus II sebesar 87,5% dan mengalami peningkatan 46,9% menunjukkan keterlibatan aktif dalam pembelajaran berbasis media digital; (3) keterampilan membaca siswa meningkat, terlihat dari peningkatan nilai rata-rata persentase ketuntasan belajar dari siklus I sebesar 38,5% dan siklus II sebesar 77%, dari ketuntasan keterampilan membaca mengalami peningkatan mencapai 38,5%. Sehingga media KOKAMI berbasis digital terbukti efektif meningkatkan keterampilan membaca siswa dan menjadi solusi pembelajaran yang menarik dan interaktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Media Digital, Kotak Kartu Misterius (KOKAMI) berbasis digital, Keterampilan membaca, Bahasa Indonesia. |
Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
Depositing User: | Shandy Rahma R, S.IIP |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 05:38 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 05:38 |
URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5749 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |