Putri, Shafira Cahyaning (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS_SHAFIRA CAHYANING PUTRI_2104010136.pdf Download (130kB) |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN_SHAFIRA CAHYANING PUTRI_2104010136.pdf Download (149kB) |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN_SHAFIRA CAHYANING PUTRI_2104010136.pdf Download (136kB) |
|
|
Text
Halaman Judul_SHAFIRA CAHYANING PUTRI_2104010135.pdf Download (561kB) |
|
|
Text
BAB 1_SHAFIRA CAHYANING PUTRI_2104010136.pdf Download (362kB) |
|
|
Text
BAB 2_SHAFIRA CAHYANING PUTRI_2104010136.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
|
|
Text
BAB 3_SHAFIRA CAHYANING PUTRI_2104010136.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) |
|
|
Text
BAB 4_SHAFIRA CAHYANING PUTRI_2104010136.pdf Restricted to Repository staff only Download (886kB) |
|
|
Text
BAB 5_SHAFIRA CAHYANING PUTRI_2104010136.pdf Download (274kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_SHAFIRA CAHYANING PUTRI_2104010136.pdf Download (278kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN_SHAFIRA CAHYANING PUTRI_2104010136.pdf Download (18MB) |
Abstraksi
Putri, Shafira Cahyaning. 2025. Pengembangan E-Modul Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Pembelajaran IPAS Kelas V di Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing: (1) A.F Suryaning Ati MZ, M.Pd., (2) Linaria Arofatul Ilmi Uswatun Khasanah, M.Pd. Kata Kunci: E-Modul, Etnosains, Literasi Sains, IPAS, Sekolah Dasar, ADDIE Konsep merdeka belajar sejalan dengan era Society 5.0, di mana masyarakat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mencari solusi atas berbagai permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul berbasis etnosains guna meningkatkan literasi sains siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V Sekolah Dasar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan literasi sains siswa serta kurangnya variasi dan optimalisasi media pembelajaran digital dalam proses pembelajaran IPAS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk yang dikembangkan adalah E-Modul berbasis etnosains dengan bantuan platform Heyzine Flipbook pada materi Bab 1 Topik C: Bunyi dan Sifatnya. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi ahli materi dan ahli desain, angket respon siswa, lembar observasi aktivitas siswa, serta tes literasi sains berupa soal pretest dan posttest untuk mengukur keefektifan penggunaan E-Modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi dengan skor rata-rata 3,87 untuk ahli materi dan 3,70 untuk ahli desain, keduanya termasuk dalam kategori sangat valid. Kepraktisan E-Modul juga terbukti melalui uji coba yang menghasilkan skor pada angket respon uji coba kelompok kecil dan kelompok besar dengan skor masing-masing 4.5 dan 4.6 dengan kategori sangat baik, serta hasil aktivitas siswa dengan skor 4.4 dan 4.7 yang menunjukkan peningkatan pada kedua kelompok uji coba tersebut. Selanjutnya, E-Modul ini efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa, dengan hasil uji T-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05) dan skor N-Gain 51,95%, yang menunjukkan peningkatan yang signifikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa E-Modul berbasis etnosains dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan literasi sains di Sekolah Dasar.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Etnosains, Literasi Sains, IPAS, Sekolah Dasar, ADDIE |
| Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
| Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
| Depositing User: | SHAFIRA CAHYANING PUTRI |
| Date Deposited: | 18 Aug 2025 22:02 |
| Last Modified: | 18 Aug 2025 22:02 |
| URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5741 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
