Wahyuni, Indah Tri (2015) Analisis Literasi Membaca Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah 1 Sukodadi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas_Indah Tri Wahyuni_2104010087.pdf Download (86kB) |
|
|
Text
Lembar Persetujuan_Indah Tri Wahyuni_2104010087.pdf Download (187kB) |
|
|
Text
Lembar Pengesahan_Indah Tri Wahyuni_2104010087.pdf Download (202kB) |
|
|
Text
Halaman Judul_Indah Tri Wahyuni_2104010087.pdf Download (508kB) |
|
|
Text
Bab 1_Indah Tri Wahyuni_2104010087.pdf Download (300kB) |
|
|
Text
Bab 2_Indah Tri Wahyuni_2104010087.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
|
|
Text
Bab 3_Indah Tri Wahyuni_2104010087.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
|
|
Text
Bab 4_Indah Tri Wahyuni_2104010087.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
|
|
Text
Bab 5_Indah Tri Wahyuni_2104010087.pdf Download (226kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka_Indah Tri Wahyuni_2104010087.pdf Download (256kB) |
|
|
Text
Lampiran_Indah Tri Wahyuni_2104010087.pdf Download (3MB) |
Abstraksi
Pendidikan berperan penting dalam kehidupan karena melalui pendidikan, siswa dapat memperoleh pengetahuan dan mengembangkan karakter akhlak yang baik, demikian pula di sekolah, pendidikan dapat mendukung siswa untuk menciptakan suatu proses belajar, dan pendidikan dilaksanakan dengan usaha yang sungguh-sungguh untuk menghasilkan generasi yang benar-benar berguna bagi bangsa dan negara. Upaya untuk mencapai tujuan pendidikan bisa dilakukan dengan mengembangkan beragam kemampuan siswa termasuk kemampuan literasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi membaca siswa kelas IV MI Muhammadiyah 1 Sukodadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa, guru kelas IV dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman, serta menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik untuk memastikan keabsahan data. Hasil menunjukkan bahwa literasi membaca siswa berada pada kategori baik hingga baik sekali. Siswa mampu menemukan informasi penting dalam bacaan, memahami isi teks, siswa mampu menyampaikan kembali isi bacaan dengan kata-kata sendiri dan menjawab pertanyaan secara tepat, meskipun masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam menjaga fokus saat membaca. Mengevaluasi dan merefleksi isi bacaan secara kritis. Temuan ini menunjukkan bahwa program literasi sekolah dan penerapan pendekatan PJBL berperan penting dalam meningkatkan minat baca, pemahaman serta kemampuan reflektif siswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Analisis, Literasi Membaca, Siswa Kelas IV |
| Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
| Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
| Depositing User: | INDAH TRI WAHYUNI |
| Date Deposited: | 18 Aug 2025 22:10 |
| Last Modified: | 18 Aug 2025 22:10 |
| URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5739 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
