Awfanie, Anggun hilma (2025) Peningkatan Keaktifan Siswa Menghunakan Strategi Problem Based Learnung (PBL) pada Mata Pelajaran IPA Kelas 3 di MI Muhammadiyah 01 Payaman. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas_ Anggun Hilma Awfanie_ 2104010146.pdf Download (179kB) |
|
|
Text
Lembar Persetujuan_ Anggun Hilma Awfanie_ 2104010146.pdf Download (144kB) |
|
|
Text
Halaman pengesahan Anggun-3.pdf Download (277kB) |
|
|
Text
Halaman Judul__Anggun_Hilma_Awfanie_2104010146_.pdf Download (266kB) |
|
|
Text
Bab 1_ Anggun Hilma Awfanie_ 2104010146.pdf Download (287kB) |
|
|
Text
BAB 2_ Anggun Hilma Awfanie_ 2104010146.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
|
|
Text
Bab 3_ Anggun Hilma Awfanie_ 2104010146.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
|
|
Text
BAB 4_ Anggun Hilma Awfanie_ 2104010146.pdf Restricted to Repository staff only Download (659kB) |
|
|
Text
BAB 5_ Anggun Hilma Awfanie_ 2104010146.pdf Download (290kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_ Anggun Hilma Awfanie_ 2104010146.pdf Download (195kB) |
|
|
Text
Lampiran_ Anggun Hilma Awfanie_ 2104010146-1.pdf Download (9MB) |
Abstraksi
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA di kelas III MI Muhammadiyah 01 Payaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui penerapan strategi Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan siswa pada setiap siklus setelah diterapkannya strategi Problem Based Learning (PBL). Peningkatan ini terlihat dari skor rata-rata keaktifan siswa yang mengalami kenaikan dari 65,50 pada siklus I menjadi 72,17 pada siklus II. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPA di kelas III MI Muhammadiyah 01 Payaman.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Student Activity, Problem Based Learning, |
| Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
| Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
| Depositing User: | Anggun Hilma Awfanie |
| Date Deposited: | 18 Aug 2025 23:07 |
| Last Modified: | 18 Aug 2025 23:07 |
| URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5730 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
