Pengembangan media earth science preparation program berbasis nature of science untuk meningkatkan keterampilan bernalar kritis siswa sekolah dasar

Al Fitri, Isma (2025) Pengembangan media earth science preparation program berbasis nature of science untuk meningkatkan keterampilan bernalar kritis siswa sekolah dasar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas_Isma Al Fitri_210401028.pdf

Download (58kB)
[img] Text
Lembar persetujuan_Isma Al Fitri_2104010128.pdf

Download (50kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan_Isma Al Fitri_210401028.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Halaman Judul_Isma Al Fitri_2104010128.pdf

Download (359kB)
[img] Text
Bab I_Isma Al Fitri_2104010128.pdf

Download (297kB)
[img] Text
Bab II_Isma Al Fitri_2104010128.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
Bab III_Isma Al Fitri_210401028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text
Bab IV_Isma Al Fitri_2104010128.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] Text
Bab V_Isma Al Fitri_2104010128.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Isma Al Fitri_210401028.pdf

Download (270kB)

Abstraksi

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Earth Science Preparation Program (ESPP) berbasis Nature of Science (NoS) untuk meningkatkan keterampilan bernalar kritis siswa sekolah dasar. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan bernalar kritis siswa akibat kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif, serta dominasi metode pembelajaran konvensional yang bersifat satu arah. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Media ESPP dikembangkan menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3 dan diterapkan pada siswa kelas VI MI Muhammadiyah 07 Warukulon. Penelitian ini mengevaluasi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media dalam pembelajaran IPAS materi tata surya. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi, angket respon siswa, angket aktivitas siswa. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VI MI Muhammadiyah 7 Warukulon Pucuk Lamongan. Hasil penelitian menjunjukkan bahwa (1) Media Earth Science Preparation Program sangat valid digunakan berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi yang memperoleh skor sebesar 3.84, ahli media sebesar 3.96, dan ahli desain sebesar 3.83 (2) Media Earth Science Preparation Program sangat praktis digunakan berdasarkan hasil angket siswa pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar yang memperoleh skor sebesar 78,18% dan 3,8. Hasil aktivitas siswa pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar memperoleh skor 82,18% dan 4,5 (3) Media Earth Science Preparation Program efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V yang terbukti dari hasil uji T 0.000 < 0.001 dan N-Gain Score sebesar 73.62% mengindikasikan tingkat pencapaian tinggi pada kelas eksperimen dan 60,01% yang mengindikasikan tingkat pencapaian sedang pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Earth Science Preparation Program, keterampilan bernalar kritis
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Isma Al Fitri
Date Deposited: 18 Sep 2025 03:36
Last Modified: 18 Sep 2025 03:36
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5716

Actions (login required)

View Item View Item