Komariyah, Shinta Lailaul (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS NILAI-NILAI MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER TOLERANSI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
|
Text
lembar orisinalitas_Shinta Lailaul Komariyah_2104010101.pdf Download (258kB) |
|
|
Text
lembar persetujuan _Shinta Lailaul Komariyah_2104010101.pdf Download (230kB) |
|
|
Text
lembar pengesahan_Shinta Lailaul Komariyah_2104010101.pdf Download (308kB) |
|
|
Text
Halaman Judul_Shinta Lailaul Komariyah_2104010101.pdf Download (334kB) |
|
|
Text
BAB 1_Shinta Lailaul Komariyah_2104010101.pdf Download (234kB) |
|
|
Text
BAB II_Shinta Lailaul Komariyah_2104010101.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
|
|
Text
BAB III_Shinta Lailaul Komariyah_2104010101.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
|
|
Text
BAB IV_Shinta Lailaul Komariyah_2104010101.pdf Restricted to Repository staff only Download (827kB) |
|
|
Text
BAB V_Shinta Lailaul Komariyah_2104010101.pdf Download (136kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_Shinta Lailaul Komariyah_2104010101.pdf Download (286kB) |
|
|
Text
Lampiran_Shinta Lailaul Komariyah_2104010101.pdf Download (22MB) |
Abstraksi
Di era digital yang terus berkembang, penggunaan perangkat pembelajaran salah satunya modul ajar berbasis teknologi menjadi sangat penting sebagai solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, sikap dan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan E-modul Berbasis Nilai-Nilai Multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan karakter toleransi siswa kelas 3 di Sekolah Dasar. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau Research And Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implement), dan evaluasi (evaluate). Pada tahap analisis, dilakukan identifikasi kebutuhan dan permasalahan pembelajaran. Pada tahap desain, dirancang prototipe E-Modul Interaktif Berbasis Nilai-Nilai Multikultural. Pada tahap pengembangan, media tersebut dibuat dan divalidasi oleh ahli. pada tahap implementasi, e-modul di diuji coba pada kelompok kecil dan besar. Pada tahap evaluasi, efektivitas e-modul diukur melalui penilaian antar teman dan observasi. Desain penelitian menggunakan control group pretest posttest design dengan subjek kelas III SD Negeri 4 Jetis Lamongan dibagi menjadi kelompok kontrol dan eksperimen untuk mengukur efektivitas e-modul sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) E-Modul Interaktif Berbasis Nilai-Nilai Multikultural sangat valid digunakan, yang dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli materi sebesar 3,92, ahli desain sebesar 3,87, dan ahli media sebesar 3,80. (2) E-Modul Interaktif Berbasis Nilai-Nilai Multikultural sangat praktis digunakan, yang dibuktikan dengan hasil angket respon siswa pada uji coba kelompok kecil dan kelompok besar dengan skor masing-masing 4,3 dan 4,1, serta aktifitas siswa dengan skor 79,99% dan 87,13%. (3) E-Modul Interaktif Berbasis Nilai-Nilai Multikultural efektis dalam meningkatkan karakter toleransi siswa, yang dibuktikan dengan hasil uji t sebesar 0,027 < 0,05 dan N-Gain Score yang mendapatkan skor 76,53% (kategori efektif) pada kelas eksperimen dan 25,26% (kategori tidak efektif). Dan dari hasil observasi karakter toleransi siswa dengan skor 66,21% pada kelas kontrol dan 87,33% pada kelas eksperimen. Semuanya menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | E-modul Interaktif, Nilai-nilai multikultural, Karakter toleransi |
| Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
| Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
| Depositing User: | Shinta Lailaul Komariyah |
| Date Deposited: | 22 Sep 2025 04:32 |
| Last Modified: | 22 Sep 2025 04:32 |
| URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5713 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
