ANALISIS FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PADA NILAI TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK MELALUI MATA PELAJARAN PPKn KELAS V DI SD NEGERI 2 TAMBAKRIGADUNG

Salsabillah, Salsabillah (2025) ANALISIS FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PADA NILAI TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK MELALUI MATA PELAJARAN PPKn KELAS V DI SD NEGERI 2 TAMBAKRIGADUNG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Halaman Pernyataan Orsinalitas_salsabillah_2104010122.pdf

Download (104kB)
[img] Text
lembar persetujuan_salsabillah_2104010122.pdf

Download (247kB)
[img] Text
Lembar pengesahan_salsabillah_2104010122.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Halaman Judul_salsabillah_2104010122.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1_salsabillah_2104010122.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Bab 2_salsabillah_2104010122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
Bab 3_salsabillah_2104010122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
Bab 4_salsabillah_2104010122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
Bab 5_salsabillah_2104010122.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_salsabillah_2104010122.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Lampiran_Salsabillah_2104010122.pdf

Download (2MB)

Abstraksi

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan potret nilai tanggung jawab pada peserta didik kelas V melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SD Negeri 2 Tambakrigadung Lamongan. Penelitian ini juga menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi pembentukan nilai tanggung jawab tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari lima peserta didik kelas V dan dua guru kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tanggung jawab pada peserta didik tergolong cukup baik, ditunjukkan melalui sikap seperti menyelesaikan tugas tepat waktu, bekerja sama dalam kelompok, serta menerima konsekuensi dari tindakan. Faktor internal yang paling memengaruhi adalah motivasi belajar, disiplin diri, dan sikap rajin. Peserta didik yang memiliki kesadaran pribadi cenderung lebih bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas dan mengikuti aturan sekolah. Sementara itu, faktor eksternal yang memengaruhi antara lain keteladanan guru dan hukuman yang bersifat mendidik, yang berperan penting dalam membentuk kebiasaan positif dan nilai tanggung jawab siswa. Pembelajaran PPKn terbukti menjadi sarana yang efektif dalam penanaman nilai karakter, termasuk nilai tanggung jawab. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru untuk lebih mengoptimalkan pembelajaran PPKn sebagai media pembentukan karakter siswa serta mendorong siswa agar lebih bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, PPKn
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Salsabillah Salsabillah
Date Deposited: 22 Sep 2025 07:30
Last Modified: 22 Sep 2025 07:30
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5704

Actions (login required)

View Item View Item