STRATEGI PENGEMASAN DAGING RAJUNGAN GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS PT ARUNA PACIRAN LAMONGAN)

Mubarok, Mohammad Ajri Rizqi (2025) STRATEGI PENGEMASAN DAGING RAJUNGAN GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS PT ARUNA PACIRAN LAMONGAN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah 16-07-25 13.25.pdf

Download (639kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan 16-07-25 13.25.pdf

Download (385kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan 16-07-25 13.14.pdf

Download (593kB)
[img] Text
HAL JUDUL_MOHAMMAD AJRI RIZQI MUBAROK_2101010218.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB 1_MOHAMMAD AJRI RIZQI MUBAROK_2101010218.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB 2_MOHAMMAD AJRI RIZQI MUBAROK_2101010218.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB 3_MOHAMMAD AJRI RIZQI MUBAROK_2101010218.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
BAB 4_MOHAMMAD AJRI RIZQI MUBAROK_2101010218.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
BAB 5_MOHAMMAD AJRI RIZQI MUBAROK_2101010218.pdf

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_MOHAMMAD AJRI RIZQI MUBAROK_2101010218.pdf

Download (119kB)
[img] Text
LAMPIRAN_MOHAMMAD AJRI RIZQI MUBAROK_2101010218.pdf

Download (988kB)

Abstraksi

Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi pengemasan daging rajungan PT ARUNA PACIRAN LAMONGAN dan kontribusinya terhadap peningkatan volume penjualan melalui kepuasan konsumen. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan manajemen dan karyawan, observasi langsung di lokasi, serta dokumentasi perusahaan. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldaña, dengan jaminan kredibilitas melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan strategi pengemasan PT Aruna berfokus utama pada fungsi proteksi dan preservasi (menggunakan toples plastik, styrofoam box, dan es batu) untuk pengiriman ke pembeli bulk (pabrik pusat). Kemasan ini positif memengaruhi kepuasan konsumen utama karena efektif menjaga kualitas dan kesegaran produk serta efisiensi logistik. Kepuasan tinggi dari pembeli utama ini berkontribusi pada stabilitas volume penjualan dan retensi pelanggan. Penelitian ini menguatkan teori mediasi bahwa strategi pengemasan memengaruhi volume penjualan melalui kepuasan konsumen. Implikasi praktisnya menunjukkan potensi PT Aruna untuk mengoptimalkan kemasan saat ini dan mengeksplorasi pengembangan kemasan untuk pasar ritel guna ekspansi volume penjualan di masa depan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengemasan, Daging Rajungan, Kepuasan Konsumen, Volume Penjualan, Studi Kasus.
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Lamongan > Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Universitas Muhammadiyah Lamongan > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Divisions: Universitas Muhammadiyah Lamongan > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Moh Ajri Rizqi Mubarok
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:11
Last Modified: 14 Aug 2025 04:11
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5681

Actions (login required)

View Item View Item