ANALISIS IMPLEMENTASI NILAI KEARIFAN LOKAL PERMAINAN TRADISIONAL PADA PENDIDIKAN PANCASILA TEMA KEBERAGAMAN BUDAYA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI MIM 01 PAYAMAN

Sari, Diana Atika (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI NILAI KEARIFAN LOKAL PERMAINAN TRADISIONAL PADA PENDIDIKAN PANCASILA TEMA KEBERAGAMAN BUDAYA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI MIM 01 PAYAMAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas_Diana Atika Sari_2104010096.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Lembar PersetujuaN_Diana Atika Sari_2104010096.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan_Diana Atika Sari_2104010096.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Halaman Judul_Diana Atika Sari_2104010096.pdf

Download (664kB)
[img] Text
Bab 1_Diana Atika Sari_2104010096.pdf

Download (348kB)
[img] Text
Bab 2_Diana Atika Sari_2104010096.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
Bab 3_Diana Atika Sari_2104010096.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
Bab 4_Diana Atika Sari_2104010096.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
Bab 5_Diana Atika Sari_2104010096.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Diana Atika Sari_2104010096.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Lampiran_Diana Atika Sari_2104010096.pdf

Download (5MB)

Abstraksi

Pendidikan memiliki peran penting dalam pembentukan karakter siswa. Permainan tradisional sebagai bagian dari kearifan lokal tidak hanya menjadi sarana hiburan, tetapi juga dapat menjadi media pendidikan karakter, khususnya dalam membentuk karakter mandiri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terkait dengan analisis implementasi nilai kearifan lokal permainan tradisional pada pendidikan pancasila untuk membentuk karakter mandiri siswa kelas IV di MI Muhammadiyah 01 Payaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran Pendidikan pancasila. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B MI Muhammadiyah 01 Payaman dengan fokus pada karakter mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran Pendidikan pancasila mampu meningkatkan karakter mandiri siswa. Permainan tradisional seperti gobak sodor mengajarkan siswa untuk berani, percaya diri, bertanggung jawab, dan bekerja sama, yang merupakan bagian dari indikator karakter mandiri. Dengan mengintegrasikan permainan tradisional ke dalam pembelajaran, siswa menjadi lebih aktif, antusias, dan mampu mengembangkan kemandirian secara bertahap. Hal ini membuktikan bahwa permainan tradisional efektif dalam membentuk karakter mandiri siswa di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kearifan Lokal, Permainan Tradisional, Karakter Mandiri
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Diana Atika Sari
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:49
Last Modified: 14 Aug 2025 03:49
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5672

Actions (login required)

View Item View Item