PENGEMBANGAN VIDIO ANIMASI BERBASIS STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS 4 MI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Maulidin, Muhammad Rizky (2025) PENGEMBANGAN VIDIO ANIMASI BERBASIS STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS 4 MI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Surat Pernyataan Orisinalitas_Muhammad Rizky Maulidin_21040010097.pdf

Download (477kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan_Muhammad Rizky Maulidin_2104010097.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Lembar_pengesahan_Muhammad_Rizky_Maulidin_2104010097.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Halaman_Judul_Muhammad_Rizky_Maulidin_2104010097.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB_1_Muhammad_Rizky_Maulidin_2104010097.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB_2_Muhammad_Rizky_Maulidin_2104010097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB_3_Muhammad_Rizky_Maulidin_2104010097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB_4_Muhammad_Rizky_Maulidin_2104010097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB_5_Muhammad_Rizky_Maulidin_2104010097.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_Muhammad_Rizky_Maulidin_2104010097.pdf

Download (213kB)
[img] Text
Lampiran_Muhammad_Rizky_Maulidin_2104010097.pdf

Download (16MB)

Abstraksi

Rendahnya minat baca siswa sekolah dasar menjadi salah satu masalah utama dalam dunia pendidikan. Kurangnya minat terhadap bahan bacaan menyebabkan siswa kesulitan memahami isi bacaan secara mendalam. Inovasi media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa sangat dibutuhkan untuk meningkatkan minat baca sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi berbasis storytelling dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV MI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Desain penelitian yang digunakan adalah control group pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 58 siswa, yang terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli, angket minat baca siswa, angket respon dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media vidio animasi berbasis storytelling sangat valid digunakan, dengan hasil validasi oleh ahli media sebesar 92,5%, ahli desain 96,25%, ahli materi 97,35%, hasil validasi perangkat pembelajaran sebesar 97,70% dan validasi angket minat baca sebesar 94,73% (kategori sangat valid); (2) media tergolong sangat praktis berdasarkan hasil angket respon siswa pada uji coba kelompok kecil sebesar 90% dan kelompok besar sebesar 91%; (3) media terbukti efektif meningkatkan minat baca siswa, ditunjukkan oleh hasil uji-t dengan nilai signifikansi 0,007 < 0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antar kelompok. serta hasil uji N-Gain skor N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 73,9% (kategori cukup tinggi) dan kelas kontrol sebesar 0,76% (kategori rendah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Video Animasi, Storytelling, Minat Baca, Media Pembelajaran, Bahasa Indonesia
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Muhammad Rizky Maulidin
Date Deposited: 20 Aug 2025 23:16
Last Modified: 20 Aug 2025 23:16
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5660

Actions (login required)

View Item View Item