ALWAHID, MOHAMMAD YOGA FUAD (2024) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SELF REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA KEPERAWATAN SEMESTER 3 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LAMONGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
![]() |
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas - Mohammad Yoga Fuad Alwahid.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan - Mohammad Yoga Fuad Alwahid.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan - Mohammad Yoga Fuad Alwahid.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
Halaman Judul - Mohammad Yoga Fuad Alwahid.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
BAB 1 - Mohammad Yoga Fuad Alwahid.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
BAB 2 - Mohammad Yoga Fuad Alwahid.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
BAB 3 - Mohammad Yoga Fuad Alwahid.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
![]() |
Text
BAB 4 - Mohammad Yoga Fuad Alwahid.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB 5 - Mohammad Yoga Fuad Alwahid.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka - Mohammad Yoga Fuad Alwahid.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
Lampiran - Mohammad Yoga Fuad Alwahid.pdf Download (348kB) |
Abstraksi
Mahasiswa keperawatan semester tiga harus memiliki kesiapan dengan beban penugasan dan praktek keperawatan di laboratorium, sehingga mahasiswa harus memiliki perilaku self regulated learning dalam dirinya guna untuk mengelola emosi dan mengatur waktunya dalam pengembangan strategi belajar mandiri yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara kecerdasan emosional dengan self regulated learning pada mahasiswa keperawatan semester 3 di Universitas Muhammadiyah Lamongan. Desain penelitian ini menggunakan metode Cross Sectional, populasi sebanyak 186 mahasiswa, menggunakan teknik sampel Stratified Random Sampling didapatkan sebanyak 126 mahasiswa. Data penelitian ini diambil menggunakan kuisioner EQ dan SRL. Analisa data menggunakan uji spearmen rho test. Hasil penelitian menunjukan hampir seluruh kecerdasan emosional mahasiswa berada dalam kategori sedang sebanyak 96 (76,2%) dan hampir seluruh mahasiswa keperawatan semester tiga memiliki Self Regulated Learning yang sedang yaitu 99 (78,6%). Berdasarkan hasil data diatas didapatkan uji statistik dengan nilai signifikasi p=0,000 (p<0.05) dengan hasil (r) = 0,671 yang artinya ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan self regulated learning pada mahasiswa keperawatan. Instansi pendidikan dapat mendorong mahasiswa untuk aktif diorganisasi atau mengikuti kegiatan akademis di luar kampus, sehingga dapat membiasakan mahasiswa dalam mengelola kecerdasan emosinya dan self-regulated learning dalam diri mahasiswa, dengan mengintegrasikan kedua konsep ini dalam pembelajaran, mahasiswa keperawatan akan mampu mengoptimalkan potensi mereka, memperkuat kualitas praktek keperawatan, dan mempersiapkan diri mereka secara menyeluruh untuk menanggapi tuntutan kompleks dunia kesehatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosi, Self Regulated Learning |
Subjects: | Fakultas Ilmu Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan |
Depositing User: | Shandy Rahma R, S.IIP |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 04:35 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 04:35 |
URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/4867 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |