PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR (LCG) DAN CHI SQUARE

SETYAWAN, ANDRI (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR (LCG) DAN CHI SQUARE. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Surat Pernyataan Orisinalitas - Andrey.pdf

Download (43kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan - Andrey.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan - Andrey.pdf

Download (107kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL - Andrey.pdf

Download (753kB)
[img] Text
BAB I - Andrey.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB II - Andrey.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB III - Andrey.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
BAB IV - Andrey.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V - Andrey.pdf

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Andrey.pdf

Download (253kB)
[img] Text
LAMPIRAN - Andrey.pdf

Download (2MB)

Abstraksi

Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar (SD) masih terkesan monoton dan kurang menarik bagi siswa. Hal ini menyebabkan siswa kurang termotivasi dalam belajar Bahasa Inggris. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu dikembangkan suatu media pembelajaran yang inovatif dan menarik, seperti game edukasi. Skripsi ini bertujuan untuk mengembangkan intelligent system game edukasi pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SD menggunakan metode Linear Congruential Generator (LCG) dan Chi square. Game edukasi ini dirancang untuk membantu siswa SD dalam belajar kosakata, tata bahasa, dan pemahaman bacaan Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Metode LCG digunakan untuk menghasilkan soal-soal Bahasa Inggris secara acak, sehingga siswa tidak bosan dengan soal yang sama. Metode Chi square digunakan untuk menganalisis perbedaan antar siswa sebelum menggunakan game dengan siswa sesudah menggunakan game. Game edukasi ini diimplementasikan menggunakan platform Dekstop. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game edukasi ini efektif untuk membantu siswa SD dalam belajar Bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai hasil belajar siswa setelah menggunakan game edukasi ini yang mana saat sebelum menggunakan game mendapatkan nilai rata-rata 52,40740741 dengan perbedaan setelah menggunakan game mendapatkan nilai rata-rata 66,66666667 dan meningkatkan presentase nilai sebesar 27%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intelligent System, Game Edukasi, Bahasa Inggris, Sekolah Dasar, Linear Congruential Generator (LCG), Chi square.
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 Teknik Komputer
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Andri Setyawan
Date Deposited: 20 Sep 2024 07:38
Last Modified: 20 Sep 2024 07:38
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/4601

Actions (login required)

View Item View Item