HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN TINGKAT KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT TENTANG BENCANA BANJIR DI DESA BEDAHAN KECAMATAN BABAT KABUPATEN LAMONGAN

DEVI, ARIANI (2020) HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN TINGKAT KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT TENTANG BENCANA BANJIR DI DESA BEDAHAN KECAMATAN BABAT KABUPATEN LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (600kB)

Abstraksi

ABSTRAK Devi Ariani, 2017. Hubungan Pengetahuan Dengan Tingkat Kesiapsiagaan Masyarakat Tentang Bencana Banjir Di Desa Bedahan Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan, STIKES Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Ns. Farida Juanita, M.Kep. (2) Ns. Lilis Maghfuroh, M.Kes. Kesiapsiagaan bencana adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk mengantisipasi dan mengurangi dampak yang diakibatkan oleh bencana. Banjir adalah bencana yang sering terjadi di Desa Bedahan Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan tingkat kesiapsiagaan masyarakat tentang bencana banjir di Desa Bedahan Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan desain korelasi analitik dengan metode Accidental Sampling diperoleh 238 responden. Dengan menggunakan program SPSS 16.0 for Windows menggunakan Uji korelasi Spearman dengan nilai α = 0,05 diperoleh nilai p = 0,000 yang artinya ada hubungan pengetahuan dengan tingkat kesiapsiagaan masyarakat tentang bencana banjir di Desa Bedahan Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan menambah pengetahuan dan meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana banjir agar selalu dalam keadaan siap siaga sehingga dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh bencana banjir. Kata kunci : pengetahuan, tingkat kesiapsiagaan, bencana banjir

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 09 Apr 2020 04:00
Last Modified: 09 Apr 2020 04:00
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/454

Actions (login required)

View Item View Item