Putri, Cyinthia Ayu Firnanda (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MENANGGULANGI PERUNDUNGAN DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
|
Text
ORISINALITAS - cyinthia firnanda.pdf Download (839kB) |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN - cyinthia firnanda.pdf Download (962kB) |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL - cyinthia firnanda.pdf Download (372kB) |
|
|
Text
BAB 1 - cyinthia firnanda.pdf Download (144kB) |
|
|
Text
BAB 2 - cyinthia firnanda.pdf Download (280kB) |
|
|
Text
BAB 3 - cyinthia firnanda.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
|
|
Text
BAB 4 - cyinthia firnanda.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
|
|
Text
BAB 5 - cyinthia firnanda.pdf Download (51kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN - cyinthia firnanda.pdf Download (1MB) |
Abstraksi
Kasus perundungan di sekolah dasar merupakan masalah serius yang mempengaruhi perkembangan anak secara sosial dan psikologis. Kebijakan Sekolah Ramah Anak (SRA) diimplementasikan sebagai upaya preventif dan intervensi dalam menanggulangi perundungan ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan Sekolah Ramah Anak dalam konteks menanggulangi kasus perundungan di SDN Cengkir I Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui pengisisan angket siswa, wawancara dengan kepala sekolah, guru, orang tua siswa, serta observasi langsung di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN Cengkir I Kepohbaru telah berhasil menerapkan konsep Sekolah Ramah Anak dengan baik. Terpenuhinya 6 komponen Sekolah Ramah Anak yakni Kebijakan Sekolah Ramah Anak, pendidik dan tenaga kependidikan, Proses belajar yang ramah anak, sarana dan prasarana yang ramah anak, partisipasi anak, serta partisipasi orang tua menjadi tolak ukur keberhasilan penerapan Sekolah Ramah Anak . SDN Cengkir I Kepohbaru telah mengintegrasikan kurikulum dan proses pembelajaran yang ramah anak, serta memastikan keamanan dan kesejahteraan siswa di lingkungan sekolah. Peran aktif kepala sekolah dan guru dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif juga sangat penting. Meskipun demikian, tantangan yang masih dihadapi termasuk siswa enggan dalam melaporkan kasus perundungan karena alasan keamanan pribadi. Diperlukan kebijakan yang lebih efektif dan mendalam untuk memastikan sekolah benar-benar bebas dari perundungan dan diskriminasi. Dengan komitmen kuat dari SDN Cengkir I Kepohbaru, langkah-langkah lebih lanjut dapat diambil untuk meningkatkan keberhasilan program ini dan meningkatkan kualitas pendidikan serta kesejahteraan siswa di masa depan. Kesimpulannya, kebijakan Sekolah Ramah Anak efektif dalam menanggulangi perundungan di sekolah dasar jika didukung oleh komitmen dan partisipasi aktif dari semua pihak terkait.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Sekolah Ramah Anak, perundungan, sekolah dasar, kebijakan pendidikan, pendidikan inklusif |
| Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
| Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
| Depositing User: | CYINTHIA AYU FIRNANDA PUTRI |
| Date Deposited: | 15 Aug 2024 08:07 |
| Last Modified: | 15 Aug 2024 08:07 |
| URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/4537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
