Fahmudita, Afika (2024) PENGEMBANGAN E-COMIC BERBANTUAN CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN METEMATIKA MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
|
Text
Surat Pernyataan Orisinalitas Skripsi Afika_052740 - AfikaFD.pdf Download (189kB) |
|
|
Text
Lembar Pengesahan Skripsi Afika_052315 - AfikaFD.pdf Download (226kB) |
|
|
Text
Halaman Judul (Cover depan-abstrak) Skripsi Afika_052418 - AfikaFD.pdf Download (663kB) |
|
|
Text
Bab 1 Skripsi Afika_052319 - AfikaFD.pdf Download (568kB) |
|
|
Text
Bab 2 Skripsi Afika_052327 - AfikaFD.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Bab 3 Skripsi Afika_052344 - AfikaFD.pdf Download (727kB) |
|
|
Text
Bab 4 Skripsi Afika_052354 - AfikaFD.pdf Restricted to Repository staff only Download (777kB) |
|
|
Text
Bab 5 Skripsi Afika_052405 - AfikaFD.pdf Download (431kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka Skripsi Afika_052412 - AfikaFD.pdf Download (419kB) |
|
|
Text
Lampiran Skripsi Afika_052248 - AfikaFD.pdf Download (1MB) |
Abstraksi
Penggunaan media pembelajaran memperlukan pemanfaatan teknologi, tetapi guru merasa masih kesulitan terhadap pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sehingga media pembelajaran yang digunakan masih terkesan monoton dan kurang menarik yang mengakibatkan siswa kurang tertarik dalam proses pembelajaran terutama dalam pembelajaran Matematika materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media digital berupa E- Comic Berbantuan Canva dalam pembelajaran Matematika materi pecahan siswa kelas IV di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu validasi ahli, angket respon siswa dan angket aktivitas siswa. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV SD Kemala Bhayangkari 5 Lamongan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Pengembangan E-Comic Berbantuan Canva dapat disimpulkan: (1) Kevalidan pada media pembelajaran E-Comic Berbantuan Canva yang dinyatakan valid digunakan dengan presentase ahli media 92%, ahli desain 93%, dan ahli materi 96%. (2) Kepraktisan E-Comic Berbantuan Canva pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan dengan presentase 89% dan 95% yang dapat dinyatakan bahwa praktis digunakan dalam proses pembelajaraan. (3) Keefektifan E-Comic Berbantuan Canva pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan dengan presentase 87% dan 95% yang dapat dinyatakan bahwa efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa penggunan media Berbantuan Canva sangat valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Media, Pemanfaatan Teknologi, E-Comic, Matematika. |
| Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
| Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
| Depositing User: | Afika Fahmudita |
| Date Deposited: | 15 Aug 2024 02:33 |
| Last Modified: | 15 Aug 2024 02:33 |
| URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/4534 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
