PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL RADEC UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR

Yusanani, Fila (2024) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL RADEC UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Orisinalitas-Fila Yusanani-2004010046-PGSD - Aileen Sulaiman.pdf

Download (320kB)
[img] Text
Pengesahan-Fila Yusanani-2004010046-PGSD - Aileen Sulaiman.pdf

Download (344kB)
[img] Text
Hal.Awal-Fila Yusanani-2004010046-PGSD - Aileen Sulaiman.pdf

Download (545kB)
[img] Text
Bab 1-Fila Yusanani-2004010046-PGSD - Aileen Sulaiman.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Bab 2-Fila Yusanani-2004010046-PGSD - Aileen Sulaiman.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Bab 3-Fila Yusanani-2004010046-PGSD - Aileen Sulaiman.pdf

Download (527kB)
[img] Text
Bab 4-Fila Yusanani-2004010046-PGSD - Aileen Sulaiman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
Bab 5-Fila Yusanani-2004010046-PGSD - Aileen Sulaiman.pdf

Download (254kB)
[img] Text
Daftar Pustaka-Fila Yusanani-2004010046-PGSD - Aileen Sulaiman.pdf

Download (241kB)
[img] Text
Lampiran-Fila Yusanani-2004010046-PGSD - Aileen Sulaiman.pdf

Download (8MB)

Abstraksi

Dalam fenomena yang terlihat saat ini, kebanyakan guru lebih menyukai penggunaan metode ceramah, tugas dan diskusi sehingga tujuan pembelajaran hanya sampai pada memahami sebuah materi, belum sampai pada tahap mencipta. Hal ini menyebabkan rendahnya penguasaan konsep peserta didik Sekolah dasar disebabkan karena peserta didik kurang fokus pada beberapa materi di pembelajaran seperti pada materi Fotosintesis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran RADEC untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada mata pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Penelitian yang dilakukan peneliti merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D yaitu mengembangkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explan, And Create (RADEC) sebagai sumber belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Gembong. Sebelum digunakan dalam penelitian, instrumen penelitian ini dilakukan validasi ahli dan empiris serta dicari realiabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Independent Sampel T- Test, namun sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil Penelitian dapat menunjukkan bahwa : (1) Perangkat pembelajaran berbasis model RADEC telah memenuhi syarat kevalidan berdasarkan hasil validasi dari dua ahli untuk Modul Ajar memperoleh skor 3,75, LKPD memperoleh skor 3,70, bahan ajar memperoleh skor 3,60, asesmen pembelajaran memperoleh skor 3,74, dan tes penguasaan konsep mendapatkan skor 3,75, (2) Perangkat pembelajaran berbasis model RADEC sangat praktis digunakan berdasarkan hasil pengamatan aktivitas peserta didik pada uji coba 1 dengan skor 3,86 dan uji coba 2 dengan skor 3,86. Hasil respons peserta didik pada uji coba 1 dan uji coba 2 memperoleh skor 3,63 dan 3,72, (3) Perangkat pembelajaran berbasis model RADEC efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep peserta didik kelas V berdasarkan uji t 0,001 < 0,05 dan N-Grain score rata-rata penguasaan konsep adalah 0,78 yang termasuk kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Model RADEC, Penguasaan Konsep
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Fila Yusanani
Date Deposited: 14 Aug 2024 07:46
Last Modified: 14 Aug 2024 07:46
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/4531

Actions (login required)

View Item View Item