Muthoharoh, Elysa Iflahatul (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI TUMBUHAN SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
![]() |
Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (578kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (48kB) |
Abstraksi
Pengembangan media pembelajaran yaitu proses menyusunan berbagai jenis media atau alat bantu yang digunakan dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan faktor yang berperan penting dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari pengembangan media pembelajaran scrapbook adalah membantu siswa agar lebih mudah memahami materi, siswa tidak merasa bosan ketika proses pembelajaran berlangsung dan membuat siswa lebih interaktif sehingga kegiatan pembelajaran berjalan dengan efektif dan efesien. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model yang digunakan 4-D yang memiliki empat tahap pengembangan yaitu define, design, development dan disseminate. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, angket respon siswa dan angket aktivitas siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 2 teknik yaitu validasi dan angket. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah 16 Karangasem. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pengembangan media pembelajaran scrapbook dapat disimpulkan : (1) Kevalidan pada media pembelajaran scrapbook dengan menggunakan validasi yaitu validasi media mendapatkan hasil 90% dan validasi materi mendapatkan hasil 90% yang dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. (2) Kepraktisan media scrapbook pada uji coba terbatas mendapatkan hasil 95% dan uji coba lapangan mendapatkan hasil 98% yang dinyatakan bahwa mendia pembelajaran praktis dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. (3) Keefektifan media scrapbook pada uji coba terbatas mendapatkan hasil 93% dan uji coba lapangan mendapatkan hasil 96% yang dinyatakan bahwa media scrapbook efektif dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media scrapbook sangat valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Scrapbook, Pengembangan, Bagian Tubuh Tumbuhan |
Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
Depositing User: | Elysa Iflahatul Muthoharoh |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 02:58 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 02:58 |
URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/4527 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |