Penerapan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajr Kognitif Siswa Kelas III SDN Bangle

Burhan Haris Nasution, Burhan and Linaria Arofatul Ilmi Uswatun Khasanah, Linaria (2024) Penerapan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajr Kognitif Siswa Kelas III SDN Bangle. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (1). 2477 -2143. ISSN ISSN Cetak: 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950

[img] Text
PENERAPAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJR KOGNITIF SISWA KELAS III SDNBANGLE.pdf

Download (274kB)
Official URL: https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12797

Abstraksi

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Banggle kecamatan sukorame kabupaten lamongan melalui penerapan media pembelajaran powerpoint interaktif dengan muatan pembelajaran tematik kelas III tema 5 sub tema 3 pembelajaran ke 2. Dengan subjek penelitian sebanyak 15 siswa. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Data dalam penelitian tindakan kelas ini diperoleh melalui tes (pretest dan posttest), pada pretest dilakukan sebelum pembelajaran berlangsung dan posttest dilakukan sesudah melakukan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini mencatat beberapa aktivitas guru dan siswa dalam melakukan pembelajaran berlangsung. Observasi aktivitas guru dan siswa dicatat pada lembar observasi yang sudah di sediakan. Hasil pada observasi guru pada siklus I memperoleh 71% dan observasi guru pada siklus II memperoleh 88%. Jadi peningkatan pada observasi aktivitas guru siklus I sampai siklus II mengalami peningkat sebesar 17%. Hasil observasi aktivitas siswapada siklus I memperoleh 70,3% dan observasi aktivitas siswa pada siklus II memperoleh 92%. Jadi peningkatan pada aktivitas siswa siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,7%. Hasil belajar kognitif siswa pretest dan posttest pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata sebesar 65,33 dengan presentase 46%, dan pada hasil belajar kognitif siswa pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata 73,4 dengan presentase 80%. Jadi pada penelitian Tindakan kelas ini tingkat ketuntasan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 34%. Hasil analisis pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua pada siklus I dan siklus II dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif dapat membantu meningkatkan hasil hasil belajar kognitif siswa kelas III SDN Banggle sukorane lamongan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Powerpoint Interaktif, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Dosen Khasanah Linaria Arofatul Ilmi Uswatun
Date Deposited: 03 May 2024 06:25
Last Modified: 03 May 2024 06:25
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/4204

Actions (login required)

View Item View Item