NILAI KEARIFAN LOKAL TARI BORAN SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Ari, Susandi (2023) NILAI KEARIFAN LOKAL TARI BORAN SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Annual Conference Of Muslim Scholar, 7 (1). pp. 506-515. ISSN 2716-3199

[img] Text
Jurnal 2.pdf

Download (2MB)
Official URL: DOI: 10.36835/ancoms.v7i1.521

Abstraksi

Subyek penelitian ini adalah dari tiap angkatan mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar sebanyak lima puluh mahasiswa pada prodi pendidikan guru sekolah dasar yang dipilih berdasarkan latar belakang budaya, agama, adat istiadat, tujuan penelitian ini untuk menemukan sebuah teori terkait karakter religius dalam kearifan lokal daerah Lamongan dalam tari boran, metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif menyajikan data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi serta teknik analisis data melalui floe chart analisis model Milles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kearifan lokal pada tari boran ini memiliki nilai karakter religius yang kuat untuk dapat membentuk pribadi sesama mahasiswa ditingkat perguruan tinggi untuk saling menjaga, menghormati budaya, adat istiadat, agama yang ada di kabupaten Lamongan, kemudian ditemukan bahwa nilai karakter religius dalam tari boran ini cocok untuk calon pendidik dalam memberikan upaya untuk membina seluruh individu menjadi pribadi yang selalu mencintai agama dan melestarikan budaya setempat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kearifan Lokal, Tari Boran, Karakter Religius, Mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Dosen Ari Susandi
Date Deposited: 28 Feb 2024 07:47
Last Modified: 28 Feb 2024 07:47
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3797

Actions (login required)

View Item View Item