The Influence of Role Playing Learning Model on Learning Outcomes of Speaking Skills in Simple Interviewing for Fifth Grade Students of SDN 2 Tambakrigadung Lamongan

Huda, Mochammad Miftachul and Kharisma, Ipmawan and Afifah, Fatin (2022) The Influence of Role Playing Learning Model on Learning Outcomes of Speaking Skills in Simple Interviewing for Fifth Grade Students of SDN 2 Tambakrigadung Lamongan. Jurnal Jendela Pendidikan, 2 (1). pp. 117-124. ISSN ISSN: 2776-267X (Print) / ISSN: 2775-6181 (Online)

[img] Text
The Influence of Role Playing Learning Model on Learning.pdf

Download (510kB)
Official URL: https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/a...

Abstraksi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas 5C SDN 2 Tambakrigadung Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk uraian (teks percakapan) dengan teknik sampel random sampling. Uji hipotesis dilakukan dengan rumus uji-t dua sampel berpasangan. Sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas 5C sebagai kelompok eksperimen dan kelas 5A sebagai kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing siswa tiap kelas 39 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh model role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 2 Tambakrigadung Lamongan dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 5,80 >1,665 pada taraf signifikansi 5%, maka H0ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keterampilan berbicara, model pembelajaran role playing
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Dosen Ahmad Ipmawan Kharisma
Date Deposited: 12 Jan 2024 04:40
Last Modified: 12 Jan 2024 04:40
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3587

Actions (login required)

View Item View Item