The Effectiveness of Hybrid Project-Based Learning Model in Improving Primary Teacher Education Students’ Critical Thinking and Creative Thinking Skills

Kharisma, Ipmawan and Mz, A.F. Suryaning Ati and Mar Elisah, Alda Dwin and Fillah, Binta Zaahira (2022) The Effectiveness of Hybrid Project-Based Learning Model in Improving Primary Teacher Education Students’ Critical Thinking and Creative Thinking Skills. PRIMARY: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 12 (5). pp. 1204-1215. ISSN ISSN : 2303-1514 | E-ISSN : 2598-5949

[img] Text
The Effectiveness of Hybrid Project-Based Learning Model in Improving Primary.pdf

Download (753kB)
Official URL: https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFK...

Abstraksi

Artikel ini mengkaji efektivitas model pembelajaran berbasis proyek hibrid untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian melibatkan mahasiswa PGSD semester 2 Tahun Ajaran 2022/2023 Universitas Muhammadiyah Lamongan. Penelitian dapat diterapkan pada mahasiswa ataupun siswa dalam proses pembelajaran. Data penelitian yang diukur adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) hasil uji validitas perangkat model pembelajaran berbasis proyek hibrid yang dikembangkan sangat valid dengan persentase sebesar 94%. Selain itu, (b) hasil analisis angket respon mahasiswa kelas eksperimen sangat baik dengan persentase sebesar 94% sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 69% dengan kategori kurang baik. Selanjutnya, (c) hasil analisis uji-t 0,023 < 0,05 dengan hasil uji N-Gain skor sebesar 79,20%, yang dapat diartikan adanya perbedaan yang signifikan dan peningkatan terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Dan (d) hasil analisis uji-t 0,019 < 0,05 dengan hasil uji N-Gain skor sebesar 77,11 %, dapat diartikan adanya perbedaan yang signifikan dan peningkatan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Kesimpulannya, perangkat model pembelajaran berbasis proyek hibrid yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: model pembelajaran berbasis projek hibrid, keterampilan berpikir kritis
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Dosen Ahmad Ipmawan Kharisma
Date Deposited: 12 Jan 2024 04:40
Last Modified: 12 Jan 2024 04:40
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3586

Actions (login required)

View Item View Item