The “7 Wonders of the World-APP” Augmented Reality-based Media to Improve Elementary School Students’ Conceptual Understanding

Kharisma, Ipmawan and Mz, A.F. Suryaning Ati and Huda, Mochammad Miftachul and Widiyanti, Wiwid (2023) The “7 Wonders of the World-APP” Augmented Reality-based Media to Improve Elementary School Students’ Conceptual Understanding. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7 (1). pp. 18-26. ISSN P-ISSN: 2579-3276 E-ISSN : 2549-6174

[img] Text
The “7 Wonders of the World-APP” Augmented Reality-based.pdf

Download (351kB)
Official URL: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/art...

Abstraksi

Siswa sekolah dasar tidak dapat memvisualisasikan objek virtual atau gambar pada beberapa materi IPS dalam lingkungan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media 7 Keajaiban Dunia-APP berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode four-D dan menggunakan desain pretest-postest control group. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Validitas meliputi validitas bahan ajar, validitas desain, dan validitas media pembelajaran dari dua ahli. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi hasil uji validitas materi pembelajaran, uji validitas desain media pembelajaran, uji validitas media pembelajaran mendapatkan kategori sangat valid. Hasil uji-t yaitu terdapat perbedaan yang signifikan terhadap penguasaan konsep siswa. Media 7 Wonders of the World-APP berbasis Augmented Reality sangat cocok dan efektif untuk diterapkan sebagai media pembelajaran IPS di sekolah dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Penguasaan Konsep Keywords: Learning Media, Augmented Reality, Conceptual Understanding
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Dosen Ahmad Ipmawan Kharisma
Date Deposited: 12 Jan 2024 04:40
Last Modified: 12 Jan 2024 04:40
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3585

Actions (login required)

View Item View Item