MZ, A.F. Suryaning Ati and Huda, Mochammad Miftachul and Kharisma, Ipmawan (2022) Implementation of School Field Introduction (PLP) on Basic Teaching Skills for Prospective Elementary School Teacher Students. JURNAL BASICEDU, 6 (1). pp. 1408-1416. ISSN p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147
Text
Implementation of School Field Introduction (PLP) on Basic Teaching Skills for Prospective.pdf Download (158kB) |
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan keterampilan dasar mengajar mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Lamongan melalui kegiatan pengenalan lapangan persekolahan (PLP) di Sekolah Dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif bentuk One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik survey. Hasil uji validitas instrumen keterlaksanaan PLP dinyatakan valid serta uji realibilitas dinyatakan reliabel dengan o,746 > 0, 413 (r tabel) dan instrumen peningkatan keterampilan mengajar melalui dinyatakan valid dan uji realibilitas dinyatakan reliabel dengan o,719 > 0, 413 (r tabel). Hasil uji keterlaksanaan PLP sebesar 26,76 yang berarti bahwa pelaksanaan PLP telah berjalan dengan sangat baik sesuai dengan nilai kategorisasi mean hipotetik. Sedangkan hasil analisis uji hipotesis menggunakan paired sample t-test diperoleh nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05 jadi dapat simpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan dasar mengajar mahasiswa setelah melakukan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Keterampilan dasar mengajar, Mahasiswa |
Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
Depositing User: | Dosen Ahmad Ipmawan Kharisma |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 04:39 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 04:39 |
URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3579 |
Actions (login required)
View Item |