Damayanti, Rizka Dwi (2023) HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN BURNOUT SYNDROME PADA MAHASISWA PROFESI NERS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
Text
Rizka Dwi Damayanti.pdf Download (2MB) |
Abstraksi
Burnout menjadi masalah utama pada mahasiswa karena mereka menghadapi berbagai tantangan akademis, sosial, dan personal. Burnout dapat menimbulkan perilaku negatif pada mahasiswa seperti ketidak sungguhan dalam mengerjakan tugas kuliah, berekspresi negatif, tidak mengikuti perkuliahan, motivasi rendah, drop out dan sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan self efficacy dengan burnout pada mahasiswa profesi ners Universitas Muhammadiyah Lamongan. Penelitian ini menggunakan desain analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling (SRS) didapatkan 89 responden. Data penelitian diambil menggunakan kuesioner General Self Efficacy Scale. untuk mengukur self efficacy dan kuesioner Maslach Burnout Inventory Hidayati, untuk mengukur burnout. Penelitian hasil sebanyak 82,0% mahasiswa profesi ners memiliki tingkat self efficacy dengan kategori sedang, dan 73,0% mahasiswa profesi ners memiliki burnout dengan kategori sedang. Data penelitian ini dianalisis menggunakan uji Spearman rho diperoleh nilai p= 0,609 dan nilai rs = -0,055 yang artinya tidak ada hubungan self efficacy dengan burnout pada mahasiswa profesi ners di Universitas Muhammadiyah lamongan. Berdasarkan penelitian tersebut diharapkan mahasiswa profesi ners dapat meminimalisir terjadinya kejadian burnout dengan meningkatkan motivasi dalam self efficacy serta mempersiapkan diri terhadap berbagai stressor yang muncul. Kata Kunci: Self Efficacy, Burnout, Mahasiswa Profesi Ners
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self Efficacy, Burnout, Mahasiswa Profesi Ners |
Subjects: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan |
Depositing User: | Irwan Sulistyawan |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 07:40 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 07:40 |
URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3514 |
Actions (login required)
View Item |