ANALISIS KEBIASAAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

mudzakir, aftar falah aziz (2023) ANALISIS KEBIASAAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah lamongan.

[img] Text
SKRIPSI AFTARRR New.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/cgi/users/home?screen...

Abstraksi

Kebiasaan belajar merupakan tingkah laku yang terbentuk karena dilakukan secara berulang-ulang sepanjang hidup individu dan biasanya mengikuti cara atau pola tertentu, sehingga akan terbentuk sebuah kebiasaan belajar. Jadi, yang dimaksud dengan kebiasaan belajar di sini adalah cara-cara belajar yang paling sering dilakukan oleh siswa dan cara atau kebiasaan belajar dapat terbentuk dari aktifitas belajar, baik secara sengaja ataupun tidak sengaja. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang memiliki tiga hal pokok diantaranya ialah respons awal, proses konstruksi dan penyimpulan. Respons awal dalam penenlitian kualitatif yaitu terdapat kepekaan terhadap masalah yang muncul di lingkungan, menelaah secara mendalam, dan menangkap makna dari suatu fenomena, peristiwa, persepsi, sikap, pemikiran, dan aktivitas sosial. Penelitian kualitatif meliputi pengumpulan fakta, data dan informasi, deskripsi, menjelaskan, menggambarkan secara ilmiah dan penyimpulan yang berupa penemuan makna dari setiap fenomena, pengetahuan baru dan menemukan metode yang baru. Bersadarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar pada pembelajaran IPA SDN Pengumbulanadi I dalam kategori baik karena telah memenuhi beberapa indikator yang diteliti.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar, Pembelajaran IPA
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:09
Last Modified: 29 Aug 2023 07:09
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3358

Actions (login required)

View Item View Item