PENERAPAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS III SDN BANGGLE

Burhan Haris Nasution, Burhan (2023) PENERAPAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS III SDN BANGGLE. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
1904010029_ SKRIPSI BURHAN FIXS.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id

Abstraksi

Penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik melalui penerapan media pembelajaran powerpoint interaktif dengan muatan pembelajaran Tematik Kelas III Tema 5 Sub Tema 3 Pembelajaran ke 2 SDN Banggle Kecamatan Sukorame Kabupaten Lamongan dengan subjek penelitian sebanyak 15 peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes (pretest dan posttest), pretest dilakukan sebelum pembelajaran dan posttest dilakukan sesudah pembelajaran. Observasi aktivitas guru dan siswa dicatat pada lembar observasi. Hasil observasi guru pada siklus I memperoleh 71% dan pada siklus II memperoleh 88%. Jadi pada peningkatan observasi guru dalam pembelajaran meningkat sebesar 17%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 70,3% dan pada siklus II memperoleh 92%. Jadi pada peningkatan observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat sebanyak 21,7%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I siswa mendapatakan nilai rata-rata sebesar 65,33 dengan persentase 46% dan pada siklus II siswa mendapatkan nilai rata-rata 73,4 dengan persentase 80%. Jadi tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 34%. Hasil analisis pertemuan pertama dan pertemuan kedua pada siklus I dan siklus II dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif dapat membantu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas III SDN Banggle Kecamatan Sukorame Kabupaten Lamongan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media, Power Point, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 29 Aug 2023 06:16
Last Modified: 29 Aug 2023 06:16
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3347

Actions (login required)

View Item View Item