KEPROFESIONALAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA BERGENERASI QUR’ANI KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 1 KARANGGENENG

Romadhana, Ardiansyah (2023) KEPROFESIONALAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA BERGENERASI QUR’ANI KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 1 KARANGGENENG. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
ARDIANSYAH_ROMADHANA__(1904010043)[1].pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/

Abstraksi

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Guru profesional adalah seseorang yang ahli dalam pekerjaannya, yang mana dengan keahlian yang dimilikinya tersebut dia melakukan pekerjaannya secara sungguh-sungguh. Pemerintah merumuskan empat jenis kompetensi guru sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Kompetensi tersebut meliputi: Kompetensi pedagogik, Kompetensi pribadi, Kompetensi sosial dan Kompetensi profesional. Jabatan guru adalah jabatan profesi, dimana seseorang guru menanamkan nilai-nilai kebajikan kedalam jiwa manusia, membentuk karakter dan kepribadian manusia. Karakter yang baik adalah karekater yang sesuai dengan Al-Qur’an (karakter Qur’ani). Karakter Qur‘ani adalah tatanan perilaku manusia yang sejalan dengan nilai-nilai moral yang terkandung dalam kitab suci Al-Qur‘an. Secara umum karakter moral manusia berhubungan dengan budi pekerti yang mengakar pada diri seseorang. Membentuk karakter adalah mengaplikasikan nilai-nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku, sehingga orang yang tidak jujur, tamak, dusta, dan sejenisnya dikatakan sebagai orang yang berkarakter buruk. Sebaliknya, orang yang berperilaku sesuai dengan kaidah moral disebut sebagai orang yang berkarakter baik. Allah Swt tidak hanya menginginkan kita agar senantiasa membaca Al Qur‘an, namun lebih dari itu yakni melanjutkan pada proses berfikir dan memahami. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keprofesionalan guru kelas IV dalam membentuk karakter siswa bergenerasi qur’ani di SD Muhammadiyah 1 Karanggeneng. Metode penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Guru kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Karanggeneng sudah termasuk guru profesional karena dalam hal ini guru sudah menguasai 4 kompetensi yang meliputi Kompetensi pedagogik, Kompetensi pribadi, Kompetensi sosial dan Kompetensi profesional. Guru di kelas IV SD Muhammadiyah 1 Karanggeneng juga berpegang teguh pada kode etik profesional yaitu dijadikan sebagai panutan contoh atau teladan untuk siswanya. Peran guru di kelas IV SD Muhammadiyah 1 Karanggeneng sesuai dengan kinerja guru karena guru tidak hanya mendidik tetapi sebagai pembimbing, pengelola, sebagai evaluator, motivator dan juga sebagai teladan yang baik (uswatun hasanah) bagi siswanya. (2) Pembentukan karakter siswa bergenerasi qur’ani di kelas IV SD Muhammadiyah 1 Karanggeneng sudah termasuk dalam kategori baik secara karakter, karena Guru kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Karanggeneng dalam pembentukan karakter menggunakan beberapa cara yaitu memberikan hukuman yang bersifat mendidik seperti membaca dan menulis istighfar, menambah hafalan atau muroja’ah Al-qur’an dan hadits, menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik seperti saling tolong menolong sesama, tanggung jawab, bijaksana, adil, jujur, toleransi, sopan santun, berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan, dermawan, percaya diri, disiplin, mandiri, bersahabat/komunikatif, mempunyai rasa keingin tahuan yang tinggi terhadap segala sesuatu yang baru, tekun, serta pantang menyerah atau karakter kepada Allah dan kepada sesama manusia (hablum minallah dan hablum minannas).

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keprofesionalan guru, karakter siswa, generasi qur’ani
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 22 Sep 2023 07:27
Last Modified: 22 Sep 2023 07:27
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3344

Actions (login required)

View Item View Item