ANALISIS KEPERCAYAAN DIRI DALAM INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VI DI MI MUHAMMADIYAH 09 KARANGWUNGU LOR

Fatihul, Zaky (2023) ANALISIS KEPERCAYAAN DIRI DALAM INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VI DI MI MUHAMMADIYAH 09 KARANGWUNGU LOR. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
skripsi njaky.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/cgi/users/home?screen...

Abstraksi

Kepercayaan diri merupakan hal yang sangat penting yang untuk proses pembelajaran kepercayaan diri merupakan sebuah kekuatan yang luar biasa laksana reactor yang membangkitkan segala energy yang ada pada diri seseorang umtuk mencapai kesuksesan. sedangkan Interaksi sosial adalah suatu hubungan antara dua orang atau lebih, sehingga kelakuan individu yang satu mempengaruhi, mengubah, memperbaiki kelakuan orang lain dan sebaliknya. Kepercayaan diri harus dimiliki oleh setiap individu, karena dengan adanya kepercayaan diri, dapat menjadi modal utama dalam menjalani kehidupan. Kepercayaan diri adalah sifat pribadi seseorang yang di dalamnya dapat keyakinan terhadap kemampuan diri serta mampu mengembangkan dan mengolah dirinya dalam situasi apapun. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang memiliki tiga hal pokok diantaranya ialah respons awal, proses konstruksi dan penyimpulan. Respons awal dalam penenlitian kualitatif yaitu terdapat kepekaan terhadap masalah yang muncul di lingkungan, menelaah secara mendalam, dan menangkap makna dari suatu fenomena, peristiwa, persepsi, sikap, pemikiran, dan aktivitas sosial. Penelitian kualitatif meliputi pengumpulan fakta, data dan informasi, deskripsi, menjelaskan, menggambarkan secara ilmiah dan penyimpulan yang berupa penemuan makna dari setiap fenomena, pengetahuan baru dan menemukan metode yang baru. Bersadarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri siswa kelas VI di MI Muhammadiyah 09 Karangwunggu lor dalam kategori baik karena telah memenuhi beberapa indikator yang diteliti, Yakni: Berani menjawab pertanyaan yang diberikan guru, berani mengungkapkan pendapatnya, berani maju kedepan kelas, memimpin diskusi kelompok, mengerjakan tugas yang diberikan, mengumpulkan tugas kelompok dengan tepat waktu, berani berbeda pendapat, tidak mudah emosi dan tidak menyepelekan teman saat berpendapat.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri, Interaksi Sosial.
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 29 Aug 2023 06:05
Last Modified: 29 Aug 2023 06:05
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3312

Actions (login required)

View Item View Item