PENERAPAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA KELAS 3 SD

Natira, Shinta Saradiva (2023) PENERAPAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA KELAS 3 SD. Palapa. pp. 1-8. ISSN 2540-9697

[img] Text
Jurnal Natira_1904010025.pdf

Download (501kB)
Official URL: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa

Abstraksi

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan peserta didik dalam ranah kognitif yaitu pada keterampilan menulis cerita yang masih relatif rendah. Dikarenakan masih kurang tepatnya pendidik dalam pemilihan media saat proses pembelajaran. Pendidik masih menerapkan metode ceramah sehingga peserta didik mengalami rasa yang bosam. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan hal tersebut bahwa menggunakan media Articulate Storyline 3 dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita peserta didik. Penelitian ini memakai jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah semua siswa yang ada di kelas dengan jumlah 19 siswa. Metode pengumpulan ini menggunakan observasi terhadap guru, siswa dan hasil belajar siswa serta analisis data presentase. Penelitian ini memiliki hasil bahwa aplikasi Media Articulate Storyline 3 Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 SDN Banjar. Kategori “Sangat Baik”. Hal ini dibuktikan : (1) Siklus I diperoleh nilai ratarata hasil tes belajar siswa 77,31 dan penguasaan pembelajaran presentase 53% sebagian 10 dari keseluruhan 19 peserta didik akhir pembelajaran dan (2) Siklus II rata-rata nilai tes belajar siswa adalah 90,73 dari 19 peserta didik yang sudah tuntas, sebagian 1 siswa belum mencapai target ketuntasan belajar. Maka secara keseluruhan ketuntasan belajar yang sudah dicapai sebesar 95%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Articulate Storyline 3, Keterampilan Menulis, Sekolah Dasar
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 22 Sep 2023 07:30
Last Modified: 22 Sep 2023 07:30
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3305

Actions (login required)

View Item View Item