PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA DI SEKOLAH DASAR

Dewi, Puspita (2023) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA DI SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
SKRIPSI PUSPITA DEWI.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/

Abstraksi

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) memberikan dampak positif pada berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk pendidikan. Bervariasinya media pembelajaran berbentuk digital yang digunakan dalam proses pembelajaran menjadi salah satu bentuk perkembangan tersebut. Pengembangan media ular tangga berbasis digital dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat validitas, kepraktisan dan efektivitas media pembelajaran ular tangga berbasis digital dalam meningkatkan penguasaan konsep pada mata pelajaran IPA siswa Sekolah Dasar. Desain penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan kuantitatif. Model penelitian yang digunakan adalah 4D dengan empat tahapan penelitian pengembangan yaitu Define, Design, Development, dan Dissemination. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan media permainan ular tangga digital layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas V Sekolah Dasar pada materi siklus air. Berdasarkan penilaian dari para ahli yaitu oleh ahli materi sebesar 89%, ahli media sebesar 78%, ahli desain sebesar 76%, ahli perangkat sebesar 90% dan diperoleh rerata skor keseluruhan sebesar 83, 25% dengan kategori “sangat valid”. Hasil validasi butir soal dengan keseluruhan soal dikatakan valid, hasil reliabilitas dengan kategori sangat tinggi, daya pembeda dengan rata-rata kategori hasil baik dan baik sekali, taraf kesukaran dengan beberapa soal bertaraf mudah, sedang dan sukar. Media ular tangga digital sangat praktis untuk digunakan pada siswa di Sekolah Dasar dibuktikan dengan hasil uji coba terbatas dan uji coba lapangan yang telah dilakukan. Hasil uji normalitas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terdistribusi secara normal, pada uji homogenitas menunjukkan bahwa nilai Sig. > 0,05 dengan artian bahwa data yang diberikan adalah homogen, analisis uji T 0.001 < 0.05 dengan hasil N-Gain Score pada kelas kontrol adalah 65,02% yang berarti N-Gain Score kelas kontrol mendapat kategori “sedang” yang berarti bahwa efetivitas pengunaan media ular tangga digital dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa di sekolah dasar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ular tangga digital pada mata pelajaran IPA yang dikembangkan valid, praktis dan terbukti efektif digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan IPA pada proses pembelajaran siswa di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: engembangan, Media Pembelajaran, Ular Tangga Digital
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 29 Aug 2023 01:16
Last Modified: 29 Aug 2023 01:16
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3300

Actions (login required)

View Item View Item