Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar

Almaida, Sarah (2023) Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar. STKIP PGRI Sumenep, 2 (1). pp. 1-9. ISSN 2548-9119 (Submitted)

[img] Text
JURNAL FIX SARAH.pdf

Download (677kB)
Official URL: https://autentik.stkippgrisumenep.ac.id/index.php/...

Abstraksi

Penelitian ini dilatar belakangi dengan peserta didik yang kurang fokus pada saat proses pembelajaran dan terdapat peserta didik yang belum bisa membaca dengan lancar di kelas 4 SD. Hal ini di buktikan pada saat proses pebelajaran dan nilai yang didapatkan peserta didik belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 70. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk membantu peserta didik yang belum mencapai nilai KKM yang di tetapkan dengan pembelajaran menggunakan media audio visual pada penelitian tindakan kelas (PTK) dan menjawab permasalahan yang di hadapi oleh pendidik pada saat proes pembelajaran. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori kognitif yang mana teori ini merupakan kemampuan yang bertujuan untuk menumbuhkan pengetahuan ke dalam ingatan jangka panjang atau perubahan pada skema dan struktur pengetahuan. Hasil yang diperoleh pada aktvitas peserta didik siklus I yaitu 64,42% dan persentase pada siklus II sebesar 84,61%. Berdasarkan lembar tes hasil belajar yang dikerjakan pada siklus I dan siklus II maka persentase hasil belajar yang diperoleh peserta didik pada siklus I adalah 64,35% dan pada siklus II yaitu 74,2 %.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media audio visual, kemampuan kognitif
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 22 Sep 2023 07:30
Last Modified: 22 Sep 2023 07:30
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3294

Actions (login required)

View Item View Item