Almaida, Sarah (2023) Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar. STKIP PGRI Sumenep, 2 (1). pp. 1-9. ISSN 2548-9119 (Submitted)
Text
JURNAL FIX SARAH.pdf Download (677kB) |
Abstraksi
Penelitian ini dilatar belakangi dengan peserta didik yang kurang fokus pada saat proses pembelajaran dan terdapat peserta didik yang belum bisa membaca dengan lancar di kelas 4 SD. Hal ini di buktikan pada saat proses pebelajaran dan nilai yang didapatkan peserta didik belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 70. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk membantu peserta didik yang belum mencapai nilai KKM yang di tetapkan dengan pembelajaran menggunakan media audio visual pada penelitian tindakan kelas (PTK) dan menjawab permasalahan yang di hadapi oleh pendidik pada saat proes pembelajaran. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori kognitif yang mana teori ini merupakan kemampuan yang bertujuan untuk menumbuhkan pengetahuan ke dalam ingatan jangka panjang atau perubahan pada skema dan struktur pengetahuan. Hasil yang diperoleh pada aktvitas peserta didik siklus I yaitu 64,42% dan persentase pada siklus II sebesar 84,61%. Berdasarkan lembar tes hasil belajar yang dikerjakan pada siklus I dan siklus II maka persentase hasil belajar yang diperoleh peserta didik pada siklus I adalah 64,35% dan pada siklus II yaitu 74,2 %.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media audio visual, kemampuan kognitif |
Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
Depositing User: | Mahasiswa S1 PGSD |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 07:30 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 07:30 |
URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3294 |
Actions (login required)
View Item |