Pengembangan Media Ular Tangga Berbasis Digital pada Mata Pelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar

Dewi, Puspita and Mz, A.F. Suryaning Ati and Kharisma, Ipmawan (2023) Pengembangan Media Ular Tangga Berbasis Digital pada Mata Pelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. ISSN 2656-8071 (Submitted)

[img] Text
PUSPITA DEWI_jurnal Pengembangan media ular tangga digital....pdf

Download (530kB)
Official URL: https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Abstraksi

Pengembangan media ular tangga berbasis digital dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan media pembelajaran ular tangga berbasis digital pada mata pelajaran IPA siswa Sekolah Dasar. Desain penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian yang digunakan adalah 4D dengan empat tahapan penelitian pengembangan yaitu Define, Design, Development, dan Dissemination. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan media permainan ular tangga digital layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas V Sekolah Dasar pada materi siklus air. Berdasarkan penilaian dari para ahli yaitu oleh ahli materi sebesar 89%, ahli media sebesar 78%, ahli desain sebesar 76%, dan diperoleh rerata skor keseluruhan sebesar 83, 25% dengan kategori “sangat valid”. Media ular tangga digital sangat praktis untuk digunakan pada siswa di Sekolah Dasar dibuktikan dengan hasil uji coba terbatas dan uji coba lapangan yang telah dilakukan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ular tangga digital pada mata pelajaran IPA yang dikembangkan valid dan terbukti praktis digunakan sebagai media pembelajaran pada proses pembelajaran siswa di Sekolah Dasar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Ular Tangga Digital
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 22 Sep 2023 07:30
Last Modified: 22 Sep 2023 07:30
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3278

Actions (login required)

View Item View Item