PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH 01 PAYAMAN

Anggita Mardlliyatus, Sania (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH 01 PAYAMAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf

Download (3MB)

Abstraksi

Penelitian ini dilatar belakangi dengan siswa yang kurang fokus pada proses pembelajaran di kelas V MI Muhammadiyah 01 Payaman. Hal ini juga dibuktikan pada saat proses pembelajaran nilai yang diperoleh siswa belum mencapai kriteria ketuntasan maksimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas V di MI Muhammadiyah 01 Payaman. Metode yang digunakan adalah Quasi experimental design. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini digunakan pada semester genap. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V MI Muhammadiyah 01 Payaman. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 0.263, nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 0.074. Setelah dilakukan tindakan pada kelas eksperimen, nilai rata-rata postest adalah 0.344, sedangkan nilai posttes pada kelas kontrol adalah 0.238. Perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh taraf signifikansi 0,05. Karena nilai signifikansi 0,001 dimana hasil tersebut merupakan < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media video interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah 01 Payaman.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Video Interaktif, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 28 Aug 2023 14:49
Last Modified: 28 Aug 2023 14:49
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3277

Actions (login required)

View Item View Item