Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Erika Damayanti, Prisilia Pujasari (2023) Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA). pp. 1-23. ISSN 2528-6978

[img] Text
Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika

Abstraksi

Berbagai metode dapat membantu peningkatan keterampilan menulis puisi siswa. Salah satu metode yang efektif adalah menggunakan media kartu kata bergambar dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dampak dari manfaat media kartu kata bergambar untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas II Sekolah Dasar dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini mengambil pendekatan eksperimen menggunakan desain quasi eksperimen yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian dilakukan di SDN Made 4 Lamongan dengan subjek penelitian berupa peserta didik kelas II. Sebelum perlakuan, dilakukan pengukuran pretest pada kedua kelas. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 64,25 sedangkan kelas kontrol adalah 63,57. Setelah diberiken perlakuan dengan menggunakan media kartu kata bergambar, dilakukan pengukuran posttest. Hasil akhir menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen adalah 77,22 sedangkan pada kelas kontrol hanya 68,75. Perbedaan ini mengindikasikan adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan menulis puisi siswa dengan menggunakan media kartu kata bergambar. Hasil penelitian ini secara jelas mengindikasikan penggunaan media kartu kata bergambar memiliki dampak positif pada keterampilan menulis puisi peserta didik. Hasil ini diperkuat oleh hasil perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji-T yang menunjukkan taraf signifikan sebesar 0,012 lebih kecil dari nilai signifikan yang ditetapkan sebesar 0,05. Oleh karena itu hipotesis nol (Ho) ditolak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kartu Kata Bergambar, Keterampilan Menulis, Puisi
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 22 Sep 2023 07:30
Last Modified: 22 Sep 2023 07:30
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3273

Actions (login required)

View Item View Item