Natira, Shinta Saradiva (2023) Penerapan Media Articulate Storyline 3 Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas 3 SD. Edukatif Jurnal Pendidikan. pp. 1-35. ISSN 2656-8063
Text
JURNAL_NATIRA terbaru.pdf Download (543kB) |
Abstraksi
Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan peserta didik dalam ranah kognitif yaitu pada keterampilan menulis cerita yang masih relatif rendah. Dikarenakan masih kurang tepatnya pendidik dalam pemilihan media saat proses pembelajaran. Pendidik masih menerapkan metode ceramah sehingga peserta didik mengalami rasa yang bosam. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan hal tersebut bahwa menggunakan media Articulate Storyline 3 dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita lebih baik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa yang ada di kelas dengan jumlah 19 siswa. Metode pengumpulan ini menggunakan observasi terhadap guru, siswa dan hasil belajar siswa serta analisis data presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aplikasi Media Articulate Storyline 3 Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 SDN Banjar. Kategori “Sangat Baik”. Hal ini dibuktikan : (1) Siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil tes belajar siswa 77,31 dan penguasaan pembelajaran presentase 53% sebagian 10 dari keseluruhan 19 peserta didik akhir pembelajaran dan (2) Siklus II rata-rata nilai tes belajar siswa adalah 90,73 dari 19 peserta didik yang sudah tuntas, sebagian 1 siswa belum mencapai target ketuntasan belajar. Maka secara keseluruhan ketuntasan belajar yang sudah dicapai sebesar 95%. Kata Kunci: belajar, peseta didik, metode, penelitian, media
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | belajar, peseta didik, metode, penelitian, media |
Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
Depositing User: | Mahasiswa S1 PGSD |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 07:28 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 07:28 |
URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3270 |
Actions (login required)
View Item |