Penerapan media Articulate Storyline 3 Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar

Natira, Shinta Saradiva (2023) Penerapan media Articulate Storyline 3 Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
skripsi natira.pdf

Download (7MB)

Abstraksi

ABSTRAK Shinta, Natira. 2023. Penerapan Media Articulate Storyline 3 Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing: (1) Linaria Arofatul Ilmi Uswatun Khasanah.,S.Pd.,M.Pd (2) Mochammad Miftachul Huda.,S.Pd.,M.Pd Kata Kunci : Penerapan, Articulate Storyline 3, Media Peningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan peserta didik dalam ranah kognitif yaitu pada keterampilan menulis cerita yang masih tergolong rendah. Disebabkan kurang tepatnya pendidik dalam pemilihan media dalam proses pembelajaran. Pendidik masih menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik mengalami kebosanan. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan bahwa menggunakan media Articulate Storyline 3 dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 SDN Banjar dengan jumlah 19 siswa. Metode pengumpulan ini menggunakan observasi pendidik, peserta didik dan tes hasil belajar siswa, serta analisa data menggunakan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan Penerapan Media Articulate Storyline 3 Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 SDN Banjar. Kategori “Sangat Baik”. Hal tersebut terbukti : (1) Siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil tes belajar siswa adalah 77,31 dan ketuntasan belajar mencapai presentase 53% atau ada 10 dari 19 peserta didik sudah tuntas belajar, dan (2) Siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil tes belajar siswa 90,73 dari 19 peserta didik yang telah tuntas, sebanyak 1 siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Maka secara klasial ketuntasan belajar yang telah dicapai sebesar 95%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 28 Aug 2023 09:32
Last Modified: 28 Aug 2023 09:32
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3269

Actions (login required)

View Item View Item