PENERAPAN MEDIA PAPAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR.

Alvia Delva Marsada, Alvia (2023) PENERAPAN MEDIA PAPAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
1904010024_ALVIA DELVA MARSADA.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/

Abstraksi

Penggunaan media papan pecahan saat ini jarang diterapkan dalam pembelajaran di sekolah. Pemilihan media papan pecahan ini tepat digunakan untuk penyampaian materi pecahan yang akan berdampak pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas III SD Negeri 3 Mojorejo dalam mata pelajaran matematika materi pecahan dengan menggunakan media pecahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan empat tahapan di setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas III SD Negeri 3 Mojorejo. Peningkatan pemahaman konsep siswa diukur melalui observasi dan tes tulis (LKPD) yang sudah disediakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakan tindakan pemahaman konsep siswa hanya 50%, kemudian pada siklus I pemahaman konsep siswa meningkat menjadi 65% dan siklus II sebesar 82%. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa media papan pecahan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Media Pembelajaran, Media Papan Pecahan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 28 Aug 2023 09:07
Last Modified: 28 Aug 2023 09:07
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3261

Actions (login required)

View Item View Item