IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS PROYEK KELAS IV DI SD NEGERI SENDANGREJO I KABUPATEN BOJONEGORO

Dhira Andari Handewi Pramesti, Dhira (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS PROYEK KELAS IV DI SD NEGERI SENDANGREJO I KABUPATEN BOJONEGORO. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
1904010017_PGSD_SKRIPSI Dhira Andari Handewi Pramesti.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/

Abstraksi

SDN Sendangrejo I sudah menerapkan Kurikulum Merdeka belajar terdapat masalah terkait penerapan Kurikulum Merdeka di SDN Sendangrejo I digunakan mulai kelas I dan kelas IV. Implementasinya seperti perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan menentukan proyek bertujuan untuk: Mengetahui implementasi Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran IPAS berbasis proyek kelas IV di SDN Sendangrejo I. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, subjek pada penelitian ini adalah Guru, Kepala Sekolah, dan Peserta didik kelas IV. Beberapa teknik pengumpulan data peneliti yakni melalui observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi. Teknik analisis data digunakan yang peneliti yaitu reduksi data, penyajian data serta hasil kesimpulan. Peneliti menggunakan uji keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Teknik tersebut menjelaskan bahwa uji kredibilitas untuk pengecekan data sehingga diperoleh hasil seperti wawancara, angket dan dokumentasi. Berikut hasil penelitian ini menegaskan bahwa: 1) Pertama, di SDN Sedangrejo I sudah mulai menerapkan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dengan diterapkan mata pelajaran IPAS dengan berbasis proyek 2) Kedua, terdapat kendala yang dialami guru sehingga implementasi Kurikulum Merdeka yakni guru kesulitan menganalisis Capaian Pembelajaran, merumuskan beberapa Tujuan Pembelajaran dan menyusun Alur Tujuan Pembelajaran serta Modul ajar, kurangnya aloksi waktu dalam kegiatan pembelajaran berbasis proyek 3) Hal yang dilakukan guru pada problem implementasi Kurikulum Merdeka seperti guru melakukan pelatihan rutin bersama kelompok kerja guru (KKG) dan pegarahan dan pendampingan dengan kepala sekolah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPAS, Berbasis Proyek
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 28 Aug 2023 09:21
Last Modified: 28 Aug 2023 09:21
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3260

Actions (login required)

View Item View Item