PENERAPAN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Heni Dwi Wulandari, HDW PENERAPAN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. PENERAPAN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. (Submitted)

[img] Text
Penerapan mediapower point interaktif untuk meningkatkan hasilbelajar tematik siswa kelas III sekolah dasar_Heni Dwi Wulandari.pdf

Download (1MB)

Abstraksi

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru dalam pembelajaran dengan menggunakan media Power Point Interaktif pada pembelajaran tematik Kelas III Sekolah Dasar, mendeskripsikan aktivitas siswa saat pembelajaran dengan menggunakan media Power Point Interaktif dalam pembelajaran tematik kelas III Sekolah Dasar, dan mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan media Power Point Interaktif pada pembelajaran tematik kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III di SD Negeri 2 Gintungan Kembangbahu Lamongan dengan jumlah 10 siswa yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan dalam satu kelas. Kegiatan tindakan ini terbagi menjadi dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan alokasi waktu 2 x 35 menit. Model penelitian yang digunakan ini adalah model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penggunaan media pembelajaran power ponit interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Tematik kelas III di SD Negeri 2 Gintungan, dengan ketuntasan hasil belajar kognitif siswa sebesar 70% pada siklus I dan sebesar 90% pada siklus II. Hasil rata-rata penilaian afektif siswa pada siklus I sebesar 70,63% dan sebesar 78,33% pada siklus II. Sedangkan hasil penilaian psikomotor siswa pada siklus I mendapatkan rata-rata sebesar 74% dan sebesar 79% pada siklus II. Aktivitas guru juga mengalami peningkatan, pada siklus I aktivitas guru mendapatkan rata-rata 62,5% dan pada siklus II sebesar 77,67%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan rata-rata sebesar 62,5% pada siklus II mendapatkan skor rata-rata 92,5%.

Item Type: Article
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:51
Last Modified: 28 Aug 2023 08:51
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3255

Actions (login required)

View Item View Item