PENGEMBANGAN WEBSITE INTERAKTIF MENGGUNAKAN GOOGLE SITES SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Novi Verdiana Nisa' Haryanti, Novi (2023) PENGEMBANGAN WEBSITE INTERAKTIF MENGGUNAKAN GOOGLE SITES SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
1904010014_NOVI VERDIANA.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/

Abstraksi

Penggunan media pembelajaran pada saat ini ada beberapa kendala yang dialami dalam pembelajaran tatap muka di kelas pemyampaian materi yang bersifat konvensional, dengan banyak ceramah yang membuat siswa cenderung bosan serta tidak interaktif yang dapat menimbulkan kurangnya semangat siswa dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development ( R&D). Model yang digunakan 4-D yang Memiliki empat tahapan, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, penyebaran. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu validasi ahli, angket respon siswa dan angket aktivitas siswa. Subjek penelitian yang digunakan adalah siwa kelas V SDN 2 Tambakrigadung. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Pengembangan media pembelajaran berbasis Website menggunakan Google Sites dapat disimpulkan: (1) Kevalidan pada media pembelajaran Website yang dinyatakan layak digunakan. (2) Kepraktisan Website pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan menyatakan bahwa praktis digunakan dalam proses pembelajaraan. (3) Keefektifan Website menyatakan bahwa efektif digunakan untuk melihat aktivitas siswa dalam pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa penggunan media website interaktif sangat valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Interaktif, Google Sites, Website.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 28 Aug 2023 14:42
Last Modified: 28 Aug 2023 14:42
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3253

Actions (login required)

View Item View Item