Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Asmaul, Khusnah (2023) Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Scholaria, 4 (2). pp. 1-19. ISSN 2549-9653

[img] Text
CEK_PLAGIASI Asmaul Khusnah PGSD.pdf

Download (449kB)
Official URL: https://ejournal.uksw.edu/scholaria

Abstraksi

Tujuan penelitian dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas 1 SD Negeri Moropelang dalam mata pelajaran bahasa Indonesia bab 8 dengan menggunakan media Big Book. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, yang mana pada penelitian ini terdiri dari dua siklus disetiap siklus terdapat dua pertemuan. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas 1 dan guru kelas 1 SD Negeri Moropelang. Peningkatan kemampuan literasi siswa diukur melalui tes membaca pada teks bacaan yang telah disediakan oleh penelitian, serta LKPD yang nantinya digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis siswa. Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukannya tindakan kemampuan literasi siswa hanya sebesar 25%, kemudian pada siklus I kemampuan literasi siswa meningkat sebesar 50% dan siklus II sebesar 87%. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Big Book dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa dalam proses pembelajaran

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi, Media Pembelajaran, Media Big Book
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:49
Last Modified: 28 Aug 2023 08:49
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3252

Actions (login required)

View Item View Item