Asmaul, Khusnah (2023) PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
Text
1904010033_Asmaul Khusnah.pdf Download (9MB) |
Abstraksi
Penggunaan media pembelajaran pada saat ini masih jarang atau masih sedikit guru yang menerapkan dalam pembelajaran, adapun jika beberapa guru sudah menerapkan masih menggunakan media yang seadanya atau yang ada disekitar mereka. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa akan sangat berdampak pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas 1 SD Negeri Moropelang dalam mata pelajaran bahasa Indonesia bab 8 dengan menggunakan media Big Book. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, yang mana pada penelitian ini terdiri dari dua siklus disetiap siklus terdapat dua pertemuan. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas 1 dan guru kelas 1 SD Negeri Moropelang. Peningkatan kemampuan literasi siswa diukur melalui tes membaca pada teks bacaan yang telah disediakan oleh penelitian, serta LKPD yang nantinya digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis siswa. Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukannya tindakan kemampuan literasi siswa hanya sebesar 25%, kemudian pada siklus I kemampuan literasi siswa meningkat sebesar 50% dan siklus II sebesar 87%. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Big Book dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Literasi, Media Pembelajaran, Media Big Book |
Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
Depositing User: | Mahasiswa S1 PGSD |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 08:32 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 08:32 |
URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3247 |
Actions (login required)
View Item |