PENERAPAN MEDIA BENDA KONKRET BANGUN RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS 1 SDN PORODESO KECAMATAN SEKARAN KABUPATEN LAMONGAN

Retno Dwi Pratiwi, Retno Dwi Pratiwi (2023) PENERAPAN MEDIA BENDA KONKRET BANGUN RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS 1 SDN PORODESO KECAMATAN SEKARAN KABUPATEN LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
RETNO DWI PRATIWI - 1904010012 --DRAFT SIDANG HASIL .pdf

Download (7MB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/

Abstraksi

Pendidikan adalah tuntutan dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Dalam dunia Pendidikan tentu hasil belajar merupakan suatu patokan yang dijadikan tolak ukur untuk melihat tuntas atau tidaknya belajar seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam materi bangun ruang matematika siswa kelas 1 sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitin tindakan kelas atau sering disebut dengan PTK dengan merujuk teori yang dkembangkan oleh Suharsimi Arikunto. Yakni dengan 4 tahap dalam kegiatan penelitian tersebut; (1) tahap perencanaan (2) tahap tindakan (3) tahap pengamatan (4) tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri Porodeso Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan. Instrument yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari; (1) Lembar observasi aktifitas siswa (2) Lembar observasi aktifitas guru (3) Tes hasil belajar. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan 3 kali pertemuan. 2 kali pertemuan di siklus 1 dan 1 kali pertemuan di siklus 2. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; (1) Aktifitas guru mengalami peningkatan dan dapat dikategorikan berhasil dengan skor akhir 90% (2) Aktifitas siswa mengalami peningkatan dan dapat dikategorikan berhasil dengan skor akhir 80% (3) Hasil belajar siswa meningkat dan nilai siswa mampu mencapai KKM (70) yang telah ditetapkan sekolah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Matematika, Bangun Ruang, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:25
Last Modified: 28 Aug 2023 08:25
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3238

Actions (login required)

View Item View Item