Seviatin, Nurwahidah (2023) IMPLEMENTASI MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SDN 4 MADE LAMONGAN. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (1). pp. 1-9. ISSN 2722-5224 (Online)
Text
1904010034_SEVIATIN NURWAHIDAH (JURNAL).pdf Download (575kB) |
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN 4 Made Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas 3 SDN 4 Made Lamongan. Data penelitian yang diukur adalah hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test untuk kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil validasi butir soal dengan keseluruhan soal dikatakan valid, hasil reliabilitas dengan kategori sangat tinggi, daya pembeda dengan rata-rata kategori hasil baik dan baik sekali, taraf kesukaran dengan beberapa soal bertaraf mudah, sedang dan sukar. Hasil uji normalitas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terdistribusi secara normal, pada uji homogenitas menunjukkan bahwa nilai Sig. > 0,05 dengan artian bahwa data yang diberikan adalah homogen, analisis uji T 0.001 < 0.05 yang berarti dengan menggunakan model CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkat hasil belajar siswa pada kelas eksperimen.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Implementas; Model CTL (Contextual Teaching and Learning). |
Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
Depositing User: | Mahasiswa S1 PGSD |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 08:00 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 08:00 |
URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3237 |
Actions (login required)
View Item |